Pengamat Sebut Bandara Kualanamu Berikan Dampak Ekonomi Positif Bagi Sumut

Kedatangan penumpang di Bandara Kualanamu.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Keberadaan Bandara Kualanamu Internasional Airport, memberikan dampak positif ekonomi bagi wilayah Kabupaten Deliserdang dan sekitarnya hingga Sumatera Utara.

PB PON Sumut Klaim Persiapan Capai 75 Persen, Selesai Sesuai Jadwal Ditetapkan

Hal itu, diungkapkan oleh Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin. Ia menjelaskan bahwa Bandara Kualanamu banyak manfaat ekonomi dibangunnya bandara internasional tersebut, yang telah mangakselerasi pembangunan.

Gunawan mengungkapkan perhotelan yang tumbuh pesat, UMKM kuliner, jasa transportasi, bahkan komplek rumah hunian juga berkembang pesat di sekitar wilayah Bandara Kualanamu. Sehingga pertumbuhan ekonomi terus berkembang.

CDM Meeting ke-2, Informasi Akurat Soal Kesiapan PON XXI di Sumut

Di sisi lainnya, pembangunan Bandara Internasional Kualanamu juga memberikan manfaat besar bagi ekonomi Sumut secara keseluruhan. Seperti akses masyarakat internasional terhadap tempat tujuan wisata di Sumut menjadi lebih mudah.

"Tidak hanya itu, promosi potensi industri maupun ekonomi di Sumut juga menjadi lebih mudah. Hingga pendapatan asli daerah yang meningkat seiring kehadiran Bandara Internasional Kualanamu," ucap Gunawan, Minggu 16 Juni 2024.

Kehadiran Agus Fatoni Sebagai Pj Gubernur Sumut Ditolak, Disebut Sarat Kepentingan Pilgub 2024

Gunawan menilai ada banyak manfaat ekonomi yang bisa didapatkan dari kehadiran bandara internasional di suatu wilayah. Dan yang tak kalah penting adalah bagaimana semua pemangku kebijakan maupun stakeholder memanfaatkan kehadiran Bandara Kualanamu dalam mendongkrak kinerja ekonomi di Sumut.

"Bandara Kualanamu sebagai pintu masuk Sumut punya pengaruh besar, dalam mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumut," jelas Gunawan.

Halaman Selanjutnya
img_title