Sedang Membuat Minum Teh, Pria di Taput Sumut Tewas Tertimbun Longsor

Proses evakuasi korban tewas tertimbun longsor di Taput.
Sumber :
  • Dok Polres Taput

VIVA Medan - Seorang pria bernama Mauli Siburian (48), tewas tertimbun tanah longsor di persawahan di Dusun Parhudonan, Desa Sibalanga, Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut).

Dirjen Bina Keuda Agus Fatoni Ditunjuk Jokowi Pj Gubernur Sumut, Hassanudin Jabat Pj Gubernur NTB

Kepala Seksi Humas Polres Tapanuli Utara, Aiptu Walpon menjelaskan kronologi tanah longsor itu, terjadi pada Jumat sore, 14 Juni 2024, sekitar pukul 16.00 WIB. Mauli Siburian merupakan warga Dusun Parhudonan, Desa Sibalanga, Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara. Walpon mengungkapkan bahwa korban sebagai pekerja harian lepas. Saat kejadian itu, Mauli diminta Tiarlina Pasaribu (50), untuk mencangkul sawah miliknya.

"Hasil keterangan saksi Tiarlina Pasaribu, yang di interogasi kepolisian di tempat kejadian menjelaskan, pada hari itu. Saksi meminta korban bekerja kesawahnya dengan memberi upah harian untuk mencangkul," kata Walpon, dalam keterangannya, Minggu 16 Juni 2024.

Ibu dan Anak Tewas Tertimpa Pohon Besar Timpa Bangunan Bengkel di Deliserdang

Walpon menjelaskan korban sedang memasak air untuk membuat teh, di bawah tebing gunung, berada persis di pinggir sawah. Kemudian, jarak saksi dengan korban pada saat itu sekitar 70 meter.

"Tak ada hujan, tiba-tiba saksi melihat tebing gunung longsor dan menimpa pinggiran sawahnya tepat pada posisi korban memasak teh," kata Walpon.

Kalangan Konstruksi Kecewa Ijeck Tidak Dipilih Golkar Maju di Pilgub Sumut 2024

Walpon mengungkapkan Tiarlina Pasaribu, melihat hal itu, lalu saksi mendekati tanah longsor dan mamanggil-manggil korban. Namun korban tidak menyahut.

"Sehingga saksi pun tergesa-gesa pulang ke kampung memanggil warga memberitahukan kejadian itu," ucap Walpon.

Halaman Selanjutnya
img_title