Penampakan Sapi Kurban Jokowi di Binjai, Berbobot 860 Kg dengan Harga Rp90 Juta

Sapi kurban yang disumbangkan Presiden RI, Joko Widodo.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Presiden RI, Joko Widodo, akan menyembelih hewan kurban berupa sapi dengan berbobot 860 kilogram dan dibandrol dengan harga Rp 90 juta. Tim kepresidenan membeli sapi dengan jenis peranakan Ongole Kebumen, diberi nama Suro dan berusia 3,5 tahun itu, dibeli peternakan sapi Jalan Labu, Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Pj Gubernur Sumut Bertemu Jokowi di Istana Negara, Hal Ini yang Dibahas

"Alhamdulillah sapi kita terpilih menjadi sapi kurban Presiden Joko Widodo tahun 2024 dari wilayah Sumut, tepatnya peternak kami YT FARM," ucap peternak sapi di Kota Binjai, Yanto (41) kepada wartawan, Sabtu 15 Juni 2024.

Yanto selaku pemilik peternakan tersebut, menjelaskan Jokowi sudah dua kali membeli hewan kurban tersebut. Pertama sapi berjenis limosin dibeli Jokowi tahun 2022 dengan berat 1 ton 50 kg seharga Rp100 juta dan kedua pada tahun ini. "Alhamdulillah kami bersyukur luar biasa tidak terhingga perjuangan kami selama ini," kata Yanto.

Libur Panjang Hari Raya Idul Adha, KAI Sumut Operasikan KA Tambahan Sribilah

Yanto mengungkapkan peternakan terpilih untuk pembelian hewan kurban Presiden Jokowi, melalui proses seleksi dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, dengan melihat kondisi sapi yang akan dibeli, dari kesehatan, berat hingga pakan diberikan.

"Proses pemeriksaan sekali dari pemeriksaan diambil sampel darah, ada juga diambil air liur, ada juga kotorannya," jelas Yanto.

Bareskrim Polri Ungkap Home Industri Pil Ekstasi di Medan, Diotaki Suami Istri

Yanto mengungkapkan bahwa sapi yang dia pelihara itu, terpilih yang dibeli oleh Jokowi, dengan keputusan dilakukan pada Kamis 13 Juni 2024. Ia mengatakan proses perawatan dilakukan dengan maksimal.

"Terus kami rawat kurang lebih 1 tahun hingga gemuk, itu di awal pembeliannya sapi itu sangat kurus, kami rawat betul-betul dengan program pakan yang sesuai yang dibutuhkan, sapi ini maksimal sehingga sapi ini menjadi gemuk," jelas Yanto.

Halaman Selanjutnya
img_title