USU Terima 3.029 Mahasiswa Baru dan Masuk 10 Besar Pendaftar Terbanyak SNBT 2024

Kampus USU.
Sumber :
  • Dok USU

VIVA Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) kembali masuk dalam 10 besar perguruan tinggi negeri dengan jumlah pendaftar UTBK terbanyak, pada penyelenggaraan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024. USU menduduki peringkat 8 di bawah UI, USM, UGM, Undip, UB, Unpad dan Unair.

SNBT 2024, 4.882 Mahasiswa Baru Lanjut Kuliah di Unimed

Hal itu diungkap Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Amalia Meutia, M.Psi, Psikolog. Ia menjelaskan tahun 2024 ini, USU menerima 3.029 calon mahasiswa jalur SNBT dan 762 penerima KIPK dari 61.366 orang pendaftar. Adapun daya tampung yang disediakan USU pada tahun akademik 2024/2025 untuk para calon mahasiswa USU jalur SNBT sebanyak 3.114 kursi.

“Kami mengucapkan selamat kepada adik-adik yang berhasil lulus di UTBK SNBT 2024. Kelulusan ini merupakan pintu gerbang kalian berproses mencapai cita-cita yang diinginkan. Semoga tetap semangat dan berhasil menaklukkan setiap tantangan yang dihadapi nantinya di dalam pendidikan,” ucap Amalia, Jumat 14 Juni 2024.

THE Impact Rankings 2024, UMSU Masuk Jajaran Kampus Terbaik di Dunia

Amalia menjelaskan, nilai UTBK tertinggi di USU diraih oleh Prodi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi dan Teknik Industri dari jurusan sains. Sementara untuk jurusan soshum nilai tertinggi diraih oleh peserta UTBK dari Prodi Akuntansi, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Hukum.

Selain itu, imbuhnya, USU juga masuk dalam kategori penilaian prodi terketat melalui Prodi Analis Farmasi dan Makanan (D3) yang berada pada peringkat 7 dengan persentase keketatan sebesar 0,69 %, serta peringkat 20 yang diduduki oleh Prodi Administrasi Perpajakan (D3).

Mahasiswa Menilai Sosok Edy Rahmayadi : Pemimpin Kebangsaan dan Jauh dari Korupsi

USU menempati peringkat 14 untuk kategori 20 PTN Akademik dengan rerata nilai UTBK tertinggi. Sementara itu, Provinsi Sumatera Utara menempati peringkat 2 provinsi dengan peserta KIP kuliah lulus terbanyak.

Kahumas USU menyampaikan, untuk seluruh peserta yang tidak lulus dalam UTBK SNBT 2024 tidak perlu berkecil hati dan patah semangat, karena masih ada peluang untuk masuk ke USU melalui dua jalur lain yang tersedia. Yakni Program Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia atau yang lebih dikenal dengan jalur SMM PTN Barat dan Jalur Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) USU 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title