Musrenbang RPJPD Medan, Pj Gubsu: Pembangunan Butuh Rencana yang Baik

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Medan 2025-2045, di Hotel Four Point, Jalan Gatot Subroto, Kota Medan, Senin 20 Mei 2024.

Sosok Adi Saputra, Penggiat Sepakbola Sebut Pemimpin Peduli Dunia Olahraga di Sumut

Pada kesempatan tersebut, Hassanudin menyebut keselarasan rencana pembangunan merupakan kata kunci kesuksesan pembangunan untuk Indonesia Emas.

“Tanpa sinergi pembangunan, Sumut tidak akan seperti ini, pembangunan yang maju tidak hadir otomatis, kita butuh perencanaan yang baik, oleh sebab itu keselarasan pusat, provinsi hingga Kota Medan, menjadi kata kunci untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Hassanudin. 

Lanjutkan Kepemimpinan, GPMI Doakan Edy Rahmayadi Sukses di Pilgub Sumut 2024

Sejalan dengan itu, Pemprov Sumut telah memiliki visi RPJPD Sumut Unggul, Maju dan Berkelanjutan. Ia mengharapkan RPJPD pemerintah kota dan kabupaten untuk selaras dengan RPJPD Provinsi dan nasional.

“Kita tidak bisa bekerja sektoral, namun dengan sinergi, seluruh tantangan yang cukup menantang di Kota Medan bisa sama-sama kita selesaikan,” kata Hassanudin.

Maju di Pilwakot 2024, Rico Waas Dapat Dukungan Sekretaris PHDI Medan

Pj Gubrnur Sumut pun memaparkan lima sasaran utama visi Sumut Unggul, Maju dan Berkelanjutan 2025-2045. Yaitu, meningkatkan pendapatan perkapita penduduk, pengurangan tingkat kemiskinan dan ketimpangan, peningkatan peran dan posisi di tingkat nasional dan global, peningkatan daya saing sumber daya manusia dan penurunan intensitas emisi gas rumah kaca.

Hassanudin juga menyampaikan penyusunan RPJPD merupakan momen strategis untuk memastikan program kerja jangka panjang Pemerintah Kabupaten/Kota, untuk terus beradaptasi dengan dinamika global, nasional, dan regional. 

Halaman Selanjutnya
img_title