Baznas Sumut Salurkan Zakat Rp3,4 Miliar, Pj Gubsu: Tingkatkan Kesejahteraan

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin menghadiri penyaluran bantuan Zakat Triwulan IV oleh BAZNAS Sumut.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengapresiasi penyaluran zakat oleh Badan Zakat Nasional (Baznas) Sumut pada Triwulan IV senilai Rp3,4 miliar. Menurutnya, zakat memiliki peran strategis dalam peningkatan kesejahteraan rakyat.

Reuni Akbar ke-33, STOK Bina Guna Perkenalkan Prodi Baru Satu-satunya di Sumut

“Zakat memiliki peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Sumut,” kata Pj Gubernur Hassanudin pada acara penyaluran zakat, infak dan sedekah (ZIS) oleh Baznas Sumut triwulan IV tahun 2023 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Jumat 22 Desember 2023.

Untuk itu, katanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan senantiasa mendukung penuh kegiatan terkait zakat, terutama dalam peningkatan kesejahteraan rakyat. Ia pun mengajak seluruh pihak berkolaborasi dalam peningkatan kesejahteraan rakyat, khususnya Baznas Sumut.

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

Hassanudin juga menyebut, banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan bantuan zakat sedekah dan infak. Mulai dari pengentasan kemiskinan, mengurangi pengangguran hingga pengentasan stunting. Menurutnya, hal tersebut dapat diselesaikan dengan bersinergi.

“Kami apresiasi seluruh progam Baznas yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Sumut, tentunya banyak yang bisa disinergikan terkait hal tersebut,” kata Hassanudin.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilgub Sumut 2024, Ini Hasilnya

Hassanudin juga mengapresiasi program produktif Baznas yang telah berhasil membuat penerima kini menjadi pemberi bantuan. Menurutnya, program produktif tersebut harus terus ada, sehingga nantinya banyak masyarakat yang semula penerima zakat berhasil meningkatkan perekonomiannya secara mandiri.

Ketua Baznas Sumut Mohammad Hatta menyebutkan, pada tahun 2023 zakat Sumut terkumpul sebanyak Rp16 miliar. Angka tersebut sudah sesuai dengan target rencana kerja Baznas Sumut tahun 2023. ZIS yang terkumpul, juga sudah disalurkan per triwulan. Namun menurut Hatta, sebenarnya potensi ZIS di Sumut bisa mencapai Rp8 triliun.

Halaman Selanjutnya
img_title