Calon Jamaah Haji Asal Langkat Meninggal di Asrama Haji Medan, Diduga Serangan Jantung

Calon jamaah haji asal Langkat meninggal dunia di Asrama Haji Medan.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Seorang calon jamaah haji bernama Habibah binti Saleh (59) asal Kabupaten Langkat, Sumatera Utara meninggal dunia di Asrama Haji, Kota Medan, Minggu siang 4 Juni 2023, sekitar Pukul 14.00 WIB. Diduga almarhumah mengalami serangan jantung.

Konflik Lahan Masyarakat dengan PT AT Langkat, Penangkapan Polisi Disebut Tak Sesuai SOP

Berdasarkan informasi dihimpun, almarhumah merupakan warga Dusun I Klambir V, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, yang terdaftar dalam manifest 069 dan tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 Embarkasi Medan.

Kepala Kanwil Kemenag Sumut, H Ahmad Qosbi menjelaskan bahwa Habibah sebelum meninggal dunia, sempat hendak makan di gedung Bir’Ali UPT Asrama Haji Medan, yang merupakan ruang makan para jamaah.

Pemkab Langkat Teken Dana Hibah Pengamanan Pilkada, Polres Langkat Rp8 M - Polres Binjai Rp1 M

Namun, tiba-tiba terjatuh dan tak sadar diri. Setelah dilakukan pengecekan oleh tim medis, Habibah sudah dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan, almarhumah sendiri tidak memiliki riwayat penyakit bawaan apa pun dan dinyatakan sehat.

"Ibu ini tidak ada riwayat penyakit apa pun. Tapi, kata petugas kita di ruang makan tiba-tiba saja ibu itu tertunduk dan langsung jatuh gitu,” sebut Qosbi kepada wartawan.

Pj Bupati Langkat Tak Temui Honorer Unras ke Kantornya

Qosbi menjelaskan almarhumah menunaikan ibadah haji, dengan status sebagai porsi pelimpahan ibunya yang sebelumnya batal berangkat karena meninggal dunia pada 2020. Dimana, ibunda almarhumah beralamat di Tanjung Pura Kabupaten Langkat, sehingga pelimpahan haji kepada anaknya harus mengikuti alamat orang tua.

“Semuanya dapat mulai dari asuransi, living cost juga semua hak almarhum. Sedangkan ongkos haji karena dia sudah masuk ke mari dan sudah dapat visa itu sudah bagian dari ongkosnya,” kata Qosbi.

Halaman Selanjutnya
img_title