Cegah Lakalantas Saat Arus Balik, PT KAI Imbauan Masyarakat Berhati-hati di Perlintasan Sebidang

Ilustrasi kecelakaan perlintasan kereta api
Sumber :
  • istockphoto

VIVA Medan - Puncak arus balik Lebaran 2023 ini, Kementerian Perhubungan RI pun memprediksi akan terjadi pada tanggal 24-25 April 2023. Untuk mencegah kecelakaan lalu lintas saat jalan padat dengan kenderaan. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumut mengimbau masyarakat, berhati-hati saat melalui perlintasan KA.

Pendaftar PPK Pilkada Serentak 2024 di Sumut Tercatat 8.921 Orang

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin, mengungkapkan pada arus balik mudik dengan transportasi darat tentunya akan berpotensi terjadi kepadatan di berbagai jalan, baik jalan nasional, provinsi, kabupaten/kota maupun desa.

"Melihat fenomena arus balik ini, PT KAI Divre I Sumut, mengimbau kepada masyarakat yang pulang dari mudik dengan kendaraan mobil, bus atau motor agar berhati-hati saat melintasi pelintasan sebidang," ucap Anwar dalam keterangan tertulis, Selasa 25 April 2023.

Reuni Akbar ke-33, STOK Bina Guna Perkenalkan Prodi Baru Satu-satunya di Sumut

Anwar mengatakan terutama pada masa Angkutan Lebaran ini operasional kereta api setiap harinya masih tinggi. Terdapat 14 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ), 24 perjalanan KA lokal, dan 6 KA Barang.

Saat berada di pelintasan sebidang agar waspada dengan melakukan Berhenti, Tengok Kanan Kiri, Aman, Jalan atau biasa dikenal dengan slogan #Berteman. Hal ini untuk menghindari kecelakaan di pelintasan sebidang.

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

"PT KAI Divre I SU mengimbau kepada para pengendara yang melintasi pelintasan sebidang saat arus balik mudik lebaran agar lebih berhati-hati. Jangan berupaya untuk memaksa atau menerobos jika sirine berbunyi dan palang pintu pelintasan sudah tertutup," ucap Anwar.

"Hal ini demi keselamatan perjalanan kereta api juga keselamatan bagi si pengguna jalan," tegas Anwar.

Halaman Selanjutnya
img_title