3 Helipad Disiapkan untuk Power Boat F1 Danau Toba

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.
Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.
Sumber :
  • (Dok Polda Sumut)

VIVA - Tiga helipad disiapkan untuk landasan helikopter bagi Presiden Jokowi yang dijadwalkan hadir pada Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula (F1H20) atau Power Boat F1 di Danau Toba, Februari 2023 mendatang.

Landasan helipad itu disiapkan Polda Sumut bersama Kodam I/BB yang akan ditempatkan di Kantor Bupati Toba. Ajang F1 Power Boat itu sendiri berlangsung di Danau Toba Kelurahan Napitupulu Bagasan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, Polda Sumut dibantu TNI akan menurunkan 600 personel melaksanakan pembersihan di wilayah Kabupaten Toba.

Pihaknya bersama stakeholder juga akan mensosialisasikan pada masyarakat oleh  terkait kejuaraan internasional Power Boat F1 pada Februari 2023 mendatang.

Baca juga:

"Kita juga membuat command center dan posko di Mess Pemprov Sumut, menyiapkan tiga unit lapangan heliped untuk presiden di Kantor Bupati Toba," ungkap Panca saat meninjau pembangunan lokasi, Sabtu 7 Januari 2023.

Panca mengatakan pada 16 Januari 2023 mendatang akan berkantor di Balige. Kemudian meminta Polres Toba agar mendata seluruh angkutan kota, hotel serta rumah sewa atau homestay.

Persiapan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula di Danau Toba

Persiapan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula di Danau Toba

Photo :
  • (Dok Polda Sumut)


"Hal ini dilakukan karena nantinya kawasan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Danau Toba akan menjadi tuan rumah kejuaraan internasional F1H20," katanya.
 
Panca menyebutkan, sejauh ini progres pembangunan lokasi F1H20 berjalan cukup baik. Diharapkan gelaran ini nanti mampu untuk memperkenalkan Danau Toba ke dunia internasional.

"Ini merupakan kesempatan bagi Indonesia khususnya Sumatera Utara menjadi tuan rumah F1H20 akan memberi kebanggaan tersendiri, karena dipercaya menyelenggarakan acara olahraga bertaraf internasional," harapnya.