Pengembangan 5 Destinasi Wisata Prioritas, Pemerintah RI Gelontorkan Rp 15 Triliun

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (B.S.Putra/VIVA)
Sumber :

VIVA - Dalam pengembangan 5 destinasi wisata prioritas di tanah air ini. Pemerintah Indonesia menyiapkan anggaran tambahan sebesar Rp 15 triliun untuk digelontorkan secara bertahap pada tahun 2023 dan 2024.

Pemprov Sumut Dorong Bupati dan Walikota Lakukan Sosialisasi Secara Masif PON 2024

Hal itu, disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno kepada wartawan, usai Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Sesmester 2 Tahun 2022 di Kaldera Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu 21 Desember 2022.

Kelima destinasi wisata super prioritas itu adalah Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang. Diharapkan dengan suntikan dana besar itu, dapat menjadi objek wisata dilirik wisatawan mancanegara.

Kebakaran Hutan Lindung Danau Toba di Samosir, Diduga Dibakar Orang

"Dan tadi ada tambahan anggaran yang diperlukan adalah Rp 15 triliun rupiah. Kita harapkan ini bisa dalam dua tahun untuk merampungkan seluruh kegiatan yang kita lakukan di 5 destinasi pariwisata prioritas," jelas Sandiaga Uno.

Baca juga:

PON 2024 Jadi Peluang Memperkenalkan Produk-produk UMKM Khas Sumut

Mantan Wakil Gubernur DKI itu, menjelaskan bahwa pihaknya menyusun beberapa program pengembangan destinasi dan infrastruktur yang meliputi Atraksi, Akses, dan Amenitas (3A), desa wisata, infrastruktur ekonomi kreatif, pengelolaan sampah, fasilitas BOP, bimtek destinasi, dan pendampingan assesment DAK bidang Pariwisata.

Halaman Selanjutnya
img_title