Biliar Sumut Agendakan Try Out Jelang PON 2024, Negara Ini Dituju

Launching logo, maskot dan tagline PON 2024.
Sumber :
  • Pemprov Sumut

VIVA Medan - Atlet biliar yang dipersiapkan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut dijadwalkan try out ke luar negeri. Negara-negara Asia Tenggara menjadi tujuan persiapan menjelang bergulirnya PON 2024 September mendatang.

Target Tim Drumband Sumut Tercapai Boyong 7 Medali Emas Sekaligus di PON 2024

Kabid Binpres Pengprov Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sumut, Resa Mahmudsyah Rangkuti mengatakan, persiapan try out ini sangat penting bagi para pebiliar untuk mendapat lawan tanding sepadan sekaligus menguji mentalitas bertanding dengan atlet asing.

"Agustus ini kita merencanakan untuk try out untuk divisi snooker, carom, dan english biliar. Divisi pool sudah kita lakukan uji coba di dalam negeri. Kalau untuk divisi lain memang kita tidak bisa lakukan di dalam negeri karena tidak banyak sarana dan prasarana yang menunjang. Kemudian dari lawan tanding yang kompeten,” ujar Resa, Senin 29 Juli 2024.

Putrinya Boyong Medali Emas Berkuda PON 2024, Irfan Hakim: Akhirnya Diberikan Kemenangan

Kata Resa, uji coba ke luar negeri masing-masing nomor ini banyak keuntungan yang diperoleh. Seperti sarana dan prasarana yang mendukung, hingga kualitas tanding atlet lawan yang bagus. Agenda try out ini pun mepet dengan waktu menyisakan satu bulan lebih.

Sesuai rencana, try out diharapkan bisa terealisasi pada pertengahan atau minggu ketiga Agustus. Mengingat, perhelatan PON tinggal menyisakan kurang dari 40 hari. Terkait negara tujuan, dikatakan Resa disesuaikan dengan keunggulan masing-masing negara.

Presiden Jokowi Dijadwalkan Menutup PON 2024 di Stadion Utama Sumut

“Kalau snooker pertengahan Agustus atau minggu ketiga. Kemudian carom dan english biliar itu minggu ketiga. Rencana mereka anak-anak lakukan try out hingga akhir Agustus atau awal September. Kalau Snooker rencana kami ke Malaysia, caroom ke Vietnam, dan english biliar ke Myanmar. Untuk Asia Tenggara, negara-negara tersebut memang memiliki atlet bagus," ucapnya.  

Dikatakan Resa, saat ini para atlet sudah menjalani program latihan penuh di Medan yang dipusatkan di Gedung POBSI Sumut. Latihan rutin dilakukan dalam 10 sesi per minggu.

Halaman Selanjutnya
img_title