Persiapan PON 2024, Petanque Sumut Agendakan Training Camp di Thailand

Atlet petanque Sumut yang dipersiapkan PON 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Pemusatan latihan di Thailand diagendakan Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sumatera Utara (Sumut) sebagai kesiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap dan Tersangka Kasus Narkoba, Profilnya Mengejutkan

Hal itu disampaikan Pelatih Kepala tim petanque Sumut, Ibrahim Sembiring saat tim Visitasi Posko Publikasi PON XXI/2024 Aceh-Sumut dipimpin Febrina Chairunisa ke Lokasi Pelatda Cabor PON XXI2024 di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Medan (Unimed), Selasa 5 Desember 2023 siang.

"Habis Lebaran kita minta training camp di Thailand. Di sana permainan tradisionalnya petanque ini. Master sudah banyak di sana, jadi kita fokus tryout dan training camp di Thailand. Jadwalnya antara bulan Februari atau pasca Lebaran, tergantung kesepakatan dengan KONI Sumut," ujar pria yang juga Sekretaris FOPI Sumut itu.

8 Tim Lolos Perempat Final Piala Asia U-23, Indonesia Tantang Korsel

Menurutnya, kegiatan training camp dilakukan untuk mempersiapkan mental atlet menuju PON 2024. Sementara itu, hingga akhir 2023, Ibrahim menyebut atlet FOPI Sumut telah mengikuti tryout yang juga bagian dalam rangka persiapan. Kendati belum semaksimal harapan, menurutnya sejumlah kemajuan terlihat pada atlet Sumut.

"Program try out, kemarin sudah dua kali kita try out di nasional, itu kita mengikuti kejuaraan yang ada di Surabaya. Kemudian di Unesa International Petanque, persiapannya untuk atlet-atlet sendiri, secara teknik dan strategi sudah ada kemajuan dari masing-masing atlet itu," ujar Ibrahim.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Dia menjelaskan, dari hasil tryout, atlet petanque Sumut menembus seminfinal di dua nomor, sementara untuk ajang internasional satu nomor hanya menembus 16 besar.

Sebagai langkah persiapan lainnya, tahun 2024 mendatang, atlet petanque Sumut kembali akan menggelar tryout. Menurutnya, tryout diperlukan dalam rangka mematangkan persiapan para atlet. 

Halaman Selanjutnya
img_title