Pemprov Sumut Siap Jadikan Penyelenggaraan PON 2024, Paling Unik dan Dikenang

Rapat persiapan Road to PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Sumut.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara mengajak para pelaku pariwisata turut menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan pada 8-20 September 2024. Para pelaku pariwisata ini, diharapkan dapat bergabung menjadi blue volunteer PON XXI.

FMI Desak Pj Gubernur Agus Fatoni Netral, Jangan Cawe-cawe di Pilkada Sumut 2024

Hal itu disampaikan Sekretaris Umum Panita Besar (PB) PON XXI, Effendy Pohan, saat membuka rapat Persiapan Road to PON XXI Aceh-Sumut di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Jumat 19 Juli 2024.

“Volunteer adalah mereka yang atas kedaraan tinggi mendedikasikan tenaga, pikiran, dan hatinya, menjadi bagian dalam misi menyukseskan penyenggaraan PON XXI. Volunteer akan menjadi elemen pembeda terhadap pelaksanaan PON 2024,” jelas Effendy.

Raih Emas Pertama, Tekad Barongsai Sumut Tambah 2 Lagi

Diketahui, ada tiga kategori volunteer pada pelaksanaan PON XXI. Pertama adalah Green Volunteer, mereka yang secara langsung terjun dalam pelaksaan event, akan tergabung dalam struktur PANPEL (baik sebagai event staff maupun general support).

Mereka nantinya akan mendapat pembekalan atau pelatihan yang sudah khusus disiapkan. Sementara, Blue Volunteer adalah mereka yang tetap bekerja, beraktivitas, sebagaimana keseharian. Nantinya, mereka akan disematkan berupa attribute duta Sumatera Utara.

Lampung Dominasi Senam Ritmik PON 2024, Raih 4 Emas dan 2 Perak

Blue Volunteer bekerja dalam keramahan budaya Sumut, menyapa dan melayani para pendatang dari seluruh Indonesia ke Sumut, dalam rangka PON. Bagi Blue Volunteer juga akan diberikan pelatihan yang kreatif melalui jaring kolaborasi. Kemudian, Yellow Volunteer adalah mereka yang terlibat di event untuk tujuan belajar dan mendapatkan pengalaman.

Yellow Volunteer merupakan relawan mandiri yang tergabung dalam gugus-gugus institusi pendidikan, kepemudaan, atau apapun, setelah mendapatkan persetujuan dari PB PON. Bagi mereka juga disiapkan program khusus.

Halaman Selanjutnya
img_title