Menkopolhukam Tekankan 5 Poin, Sukseskan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024

Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto di Kota Medan.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto menekankan lima poin dalam menyukseskan pelaksanaan dan penyelenggaraan Pilkada serentak di Indonesia pada 27 November 2024 ini.

DPRD Sumut di Demo, Massa Suarakan Tolak Politik Dinasti di Pilkada 2024

"Pertama, bersama-sama menjaga stabilitas di bidang politik, hukum, dan keamanan, yang kondusif dan terkendali," kata Hadi dalam sambutannya pada rapat kordinasi 'Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera', berlangsung di Convention Regale, di Jalan Adam Malik, Kota Medan, Selasa 9 Juli 2024.

Hadi mengatakan yang kedua, meningkatkan kordinasi antar Kementerian/Lembaga, menyukseskan penyelenggaraan Pilkada sesuai dengan regulasi dan ketentuan yang berlaku.

Bersaing dengan KIM Plus di Pilkada Serentak 2024, PDIP: Koalisi Bersama Rakyat Lebih Kuat

"Ketiga, perlu optimalisasi dalam fasilitas penyelenggaraan Pilkada serentak, agar dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan tahapan, yang telah ditetapkan. Keempat, Hadi mengajak seluruh komponen bangsa ikut terlibat aktif, dalam menjaga serta mengedepankan persatuan dan kesatuan, guna menghindari polarisasi di masyarakat.

"Kelima, meningkatkan pendidik politik, untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat, guna mewujudkan terselenggaranya pesta demokrasi yang aman, damai, dan berkualitas," sebut mantan Panglima TNI itu.

Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada Serentak 2024, Ini Pesan Bawaslu Sumut Kepada KPU

Hadi juga menyampaikan landscape kestabilan keamanan berdampak dengan pelaksanaan Pilkada serentak 2024. Dimana, tahun 2024, merupakan rekor pemilihan umum terbanyak sepanjang sejarah.

"Hal ini, berdampak dengan peningkatan ancaman. Baik ancaman, untuk mis komunitas dan poralisasi berbentuk mis komunikasi, sosial dan politik, yang tentunya berdampak langsung dengan demokrasi kita," kata Hadi.

Halaman Selanjutnya
img_title