Pencapaian 2023 Kemenparekraf Over Target, 9,5 Juta Wisatawan Mancanegara Kunjungi Indonesia

Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) Kemenparekraf 2023.
Sumber :
  • Dok Kemenparekraf

VIVA Medan - Hingga Oktober 2023, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mencatat sebanyak 9,5 juta wisatawan mancanegara kunjungi Indonesia. Hal ini melebihi dari target, yakni 8,5 juta dan jumlah ini diyakini bertambah hingga penghujung tahun.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Hal ini dikatakan Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam 'Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2023' di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona, Jumat 22 Desember 2023. Sandiaga memaparkan berbagai program Kemenparekraf/Baparekraf termasuk capaian kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sepanjang 2023 yang penuh tantangan karena baru di pertengahan tahun pandemi COVID-19 dinyatakan berakhir dan masuk ke fase endemi.

"Oleh karena itu kami sangat bersyukur bahwa seluruh sektor bisa melakukan penyesuaian sehingga target-target bukan hanya tercapai tapi terlampaui dengan semangat 3G yakni gercep, geber, dan gaspol untuk mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja," kata Menparekraf Sandiaga.

Disbudparekraf Sumut akan Gelar Pameran Budaya dan Wisata di Bandara Soekarno-Hatta

Adapun capaian sektor parekraf di tahun 2023, diungkapkan Menparekraf Sandiaga, mulai dari kunjungan wisatawan mancanegara yang sampai Oktober 2023 jumlahnya mencapai hampir 9,5 juta. Angka tersebut jauh di atas target sebesar 8,5 juta.

"Mudah-mudahan kita bisa mencapai target di atas 11 juta kunjungan wisatawan di akhir tahun 2023," kata Menparekraf Sandiaga.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Menparekraf RI, Sandiaga Uno.

Photo :
  • Dok Kemenparekraf

Sementara itu untuk nilai devisa pariwisata hingga September 2023 tercatat 10,46 miliar dolar AS dengan kontribusi PDB pariwisata diperkirakan mencapai angka 3,8 persen, nilai tambah ekraf sebesar Rp1.050 triliun, nilai ekspor ekraf sebesar 17,38 miliar dolar AS, dan jumlah pergerakan wisatawan nusantara sebesar 688,78 juta perjalanan hingga Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title