Pelaku Mengganti Scan Barcode QRIS Infak Masjid Ditangkap, Istiqlal Pun Jadi Sasaran

Kolase pria ganti barcode QRIS infak masjid.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA - Sosok pelaku yang mengganti scan barcode Quick Response  Code Indonesian Standard (QRIS) pada kotak amal di sebuah Masjid di kawasan Kebayoran Lama dan Pancoran, Jakarta Selatan, ditangkap polisi. 

Viral Perundungan Bocah di Simalungun dan Pelajar SD Jadi Tersangka, Ini Kata Polisi

Pria tersebut ditangkap Polda Metro Jaya usai video yang merekam aksinya mengganti scan barcode QRIS infak masjid viral di media sosial. Diyakini, pelaku mengganti scan barcode infak masjid untuk meraup keuntungan pribadi.

"Iya, sudah (ditangkap)," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Selasa 11 April 2023.

Pasca Viral di Medsos, BBKSDA Sumut Pastikan Buaya di Sungai Pekatal Medan Berukuran 3 Meter

Mantan Kabid Humas Polda Jawa timur itu mengatakan pelaku yang ditangkap adalah sosok yang sama dengan yang beraksi di Masjid Istiqlal. Meski membenarkan, dia belum merinci lebih jauh. Pasalnya, siang ini pihaknya bakal melakukan ekspose kasus.

"Iya (pelaku satu orang yang sama)," ujar dia.

Gagalkan Aksi Pencurian, Lurah Sidorame Barat I Apresiasi Keberanian Dhira

Sebelumnya diberitakan, seorang pria terekam kamera CCTV mengganti barcode QRIS kotak amal di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan pada Kamis, 6 April 2023 pukul 10.37 WIB.  Melalui video yang dibagikan akun Instagram @redasamudera.id (Redar Samudera) terlihat pria tersebut berperawakan gempal dengan rambut cepak, menggunakan kacamata, kemeja navy lengan panjang dan celana denim.

Sambil memantau situasi sekitar, pria tersebut menempelkan stiker QRIS miliknya ke beberapa kotak amal yang berjejer di halaman masjid. “Hati-hati terutama para DKM masjid, telah terjadi modus penipuan mengganti barcode QRIS kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan lt7,” tulis keterangan video dikutip VIVA, Minggu, 9 April 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title