Remaja di Medan Lompat ke Sungai Saat Dikejar Polisi, Akhirnya Ditemukan Tewas

Tim Basarnas Medan melakukan pencarian dan evakuasi jasad M Ikbal.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Seorang remaja bernama M. Ikbal (17) ditemukan meninggal dunia usai loncat ke Sungai Alur Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan saat dikejar polisi, Jumat 13 September 2024.

Pria di Tebing Tinggi Terpeleset di Sungai Padang Saat Mencari Kerang, Lalu Ditemukan Tewas

Berdasarkan kronologi kejadian, berawal Ikbal bersama dua rekannya, sedang duduk-duduk di pinggir sungai, sebelumnya tidak jauh dari lokasi kejadian terjadi tawuran remaja. Kemudian, Polisi melakukan pengejaran kepada pelaku tawuran. Karena ketakutan dikejar polisi, korban melompat ke sungai.

Sedangkan, kedua rekannya lari dari pinggir sungai. Melihat korban yang merupakan warga Taman Makam Pahlawan, Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan tidak timbul dari sungai dilaporkan ke keluarga Ikbal.

Melihat Kondisi Daerah dan Masyarakat, Rico Waas Jelajah Kota Medan

Selanjutnya, warga sekitar dan keluarga korban langsung berusaha mencari korban. Namun, tak kunjung ditemukan hingga akhirnya dilaporkan ke Pencarian dan Pertolongan Kelas A Medan atau Basarnas Medan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Medan, Mustari, menjelaskan menerima laporan tersebut, pada hari kejadian itu, sekitar pukul 11.15 WIB menurunkan tim melakukan pencarian korban. Mustari mengatakan menggunakan peralatan water rescue, tim langsung bergerak ke lokasi dan berkoordinasi dengan pelapor dan saksi-saksi dilapangan. Selanjutnya, dilakukan pencarian menggunakan alat pendeteksi dibawah air yaitu aqua eyes kemudian dilanjutkan penyisiran menggunakan perahu LCR.

Lihat Kondisi Masyarakat, Rico Waas Jelajahi Kota Medan Serap Aspirasi dan Masukan

"Hingga akhirnya, Sabtu pagi, 14 September 2024, sekitar Pukul 05.40 WIB. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, sejauh sekitar 1 km dari lokasi awal korban hanyut," kata Mustari, Sabtu siang, 14 September 2024.

Kemudian, Mustari mengatakan tim SAR Gabungan mengevakuasi korban dari sungai tersebut. "Selanjutnya langsung dievakuasi dan diserahkan kepada pihak keluarga," katanya.