LMKN Berkolaborasi dengan IRW Lira Gelar Sosialisasi, Edukasi Hak Cipta dan Royalti Musik

LMKN dan IRW LIRA sosialisasi edukasi hak cipta dan royalti bidang musik.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) melakukan sosialisasi edukasi dan bimbingan teknis mengenai hak cipta dan royalti dibidang musik untuk kepentingan hak ekonomi pencipta.

Peredaran Pil Ekstasi di Diskotek SS Diungkap Polres Binjai, 2 Pengedar Ditangkap

Kegiatan ini bekerjasama dengan Indonesia Royalti Watch (IRW) LSM LIRA. Kegiatan berlangsung di Hotel Danau Toba Medan, Jalan Imam Bonjol, Rabu kemarin, 13 Desember 2023. Adapun peserta sosialisasi ini adalah kader LSM LIRA Sumatera Utara (Sumut) dan Kota Medan. 

Ketua LMKN, Dharma Oratmangun mengatakan, kegian ini merupakan lanjutan dari kerjasama yang dibangun dengan LSM LIRA Pusat. Dimana Kota Medan menajadi daerah pertama yang dilakukan sosialisasi. 

Polisi Gagalkan Penyelundupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut Saat Menuju Malaysia

Dharma mengatakan, LMKN sendiri merupakan lembaga yang memiliki kewenangan untuk menarik dan menghimpun royalti serta mengelola kepentingan hak ekonomi pencipta lagu atau musik. 

"Kita mulai start untuk kerjasama seluruh indonesia, dimulai dari Kota Medan, sebagai penggerak utama, karena, kita melihat industri musik pertunjukan di Kota Medan tumbuh dengan baik," kata Dharma, di Hotel Danau Toba.

Viral! Oknum Polisi Diduga Aniaya Istrinya, Ini Kata Polda Sumut

Dia mengatakan, LMKN juga bukan hanya menghimpun royalti saja untuk kepentingan bagi dunia musik Indonesia, tapi justru menyadarkan masyarakat pengguna musik, untuk sadar royalti karena merupakan perintah undang-undang nomor 28 tahun 2014 tentang hak cipta. 

"Kedua juga tentu kita memberikan proteksi karya cipta untuk para seniman musik indonesia terkhusus, juga yang di Sumatera Utara. Oleh karena itu, kita melakukan kerjasama dengan IRW Lira, karena memang sudah terbukti punya karya nyata dan punya perwakilan di seluruh indonesia," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title