Tim Dosen Unimed Fasilitasi Puisi Karya Anak Kampung Nelayan Jadi Karya Digital

Tim Dosen Unimed sbangi Pondok Belajar Amila di Kampung Nelayan Seberang.
Sumber :
  • Dok Unimed

VIVA Medan - Dosen Universitas Negeri Medan (Unimed), di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), menyambangi Pondok Belajar Arnila yang berada di Kampung Nelayan Seberang, Kota Medan.

22.974 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 Dilaksanakan di Unimed

Kepala Humas Unimed, Dr. Muhammad Surip, M.Si menjelaskan kedatangan tim dosen Unimed tersebut, membawa produk berupa buku antologi puisi karya anak-anak Kampung Nelayan Seberang dan publikasi karya digital berbasis blog.

Untuk kemudian mereka serahkan kepada pengelola Pondok Belajar Arnila. Surip mengungkapkan bahwa program ini menjelaskan jika tim mereka telah melaksanakan pembinaan kepada anak-anak Kampung Nelayan dalam menciptakan puisi.

Pemprov Sumut Jaga Pergerakan Komoditas Pangan

"Kita melihat adanya potensi dari anak-anak Kampung Nelayan dalam menciptakan maha karya. Di samping tempat tinggal mereka yang sangat minim akses pendidikan, kami berusaha hadir menjadi perpanjangan tangan mereka dalam bersastra," ucap Surip, Sabtu 14 Oktober 2023.

Surip menjelaskan jika mereka memiliki misi menstimulus anak-anak Kampung Nelayan Seberang membuat puisi dengan latar belakang kelautan. Sebab, setiap harinya mereka dikelilingi aktivitas nelayan dan fenomena ekologi yang menarik.

Kadisdik Sumut Resmikan Sekretariat IKA SMAN 8 Medan Gedung Riadil Akhir Lubis

"Laut selain dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan pangan dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi mereka, juga dapat dijadikan sebagai refleksi hidup. Semata untuk menunjukkan jika melalui puisi yang mereka angkat, dapat memberi manfaat bagi lingkungan yang mereka huni. Sebab, tak sedikit anak-anak ini membuat puisi yang mengkampanyekan nilai-nilai lingkungan," jelas Surip.

Surip berharap dengan adanya buku karya mereka sendiri ini, anak-anak di Kampung Nelayan semakin semangat belajar dan dapat memotivasi yang lain untuk berani berkarya.

Halaman Selanjutnya
img_title