KAI Sumut Catat Aktivitas Stasiun Medan Telah Melayani 725.534 Penumpang
- BS Putra/VIVA Medan
VIVA Medan - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut), mencatat aktivitas Stasiun Medan selama periode Januari hingga Oktober 2024, melayani 725.534 penumpang. Data tersebut, terjadi peningkatan volume penumpang di Stasiun Medan sebanyak 97.162 penumpang kereta api atau meningkat 15 persen.
Bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023 yang hanya melayani penumpang sebanyak 628.372 orang. Sedangkan secara keseluruhan, kinerja angkutan penumpang Divre I Sumut dari Januari hingga Oktober 2024 menunjukkan tren yang positif. Data kinerja pada bulan Januari-Oktober 2024 tercatat sebanyak 2.003.894 pelanggan yang telah dilayani di wilayah KAI Divre I Sumut.
Manager Humas KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin mengatakan, trend positif kinerja angkutan penumpang di Stasiun Medan maupun secara keseluruhan di wilayah KAI Divre I Sumut pada periode Januari-Oktober 2024 ini tentunya menunjukkan bahwa moda transportasi KA menjadi pilihan masyarakat. "Hal tersebut, menjadi tantangan bagi KAI Divre I Sumut untuk terus berkomitmen mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan pelanggan," ucap Anwar, dalam keterangannya, Rabu 6 November 2024.
Anwar mengatakan ada beberapa faktor yang menjadi penunjang peningkatan volume penumpang kereta api antara lain faktor keselamatan, ketepatan waktu, kenyamanan dan bebas macet. "Beberapa peningkatan layanan juga menjadi faktor pendukung bertambahnya volume penumpang di wilayah Divre I," jelas Anwar.
Peningkatan layanan bagi pelanggan telah dilakukan PT KAI Divre I Sumut, diantaranya penerapan teknologi face recognition boarding gate di Stasiun Medan, layanan pembelian tiket hingga H-45 sebelum keberangkatan, serta peningkatan fasilitas yang ada di beberapa stasiun dan juga pemberian promo pada KA Sribilah Utama.
"KAI Divre I Sumut menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan pelanggan terhadap angkutan kereta api. KAI akan terus mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan serta memastikan keandalan sarana dan prasarana untuk kelancaran operasional KA," kata Anwar.
Untuk layanan informasi, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.