Sosok Pemimpin Diinginkan Masyarakat, Edy-Hasan Didukung Masyarakat Kristen Sumut

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Paslon nomor urut 2, Edy Rahmayadi-Hasan Basri Sagala, didukung oleh Masyarakat Kristen Peduli Demokrasi Sumatera Utara di Pilgub Sumut. Mereka terdiri dari ratusan peserta, mendeklarasikan langsung dukungan tersebut kepada Edy-Hasan di Posko Pemenangan Jalan Jenderal Sudirman Medan, Selasa 24 September 2024.

Deklarasi Pilkada Damai Pemprov Sumut Molor, Cawagub Hasan Pilih Tinggalkan Acara

Ketua Masyarakat Kristen Peduli Demokrasi Sumut, Pdt Chocky Tanjung, mengatakan dukungan tersebut sebagai salah satu cara untuk menyelamatkan demokrasi yang terciderai sejak Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lalu. Kemudian deklarasi dukungan tersebut dilatarbelakangi kepedulian Edy Rahmayadi selama ini kepada umat Kristen. "Selama beliau memimpin Sumatera Utara sebagai gubernur lima tahun lalu, merasakan betul dampaknya bagi keberlangsungan kegiatan umat Kristen di Sumut," ujarnya.

Penasihat Masyarakat Kristen Peduli Demokrasi Sumut, Dr Adolfina Elisabeth Koamesakh MTh MHum, mengatakan peliknya permasalahan di Sumut, sehingga membutuhkan sosok yang tepat, yakni Edy Rahmayadi bersama Hasan Basri.

Bambang Widjojanto Soroti 3 Hal Ini di Pilkada Serentak 2024, Termasuk di Sumut

"Tak lain adalah sosok ayah Edy Rahmayadi. Ayah sudah berpengalaman memimpin Sumut lima tahun dan banyak karir militernya di TNI hingga Pangkostrad jabatan terakhir, sehingga sosok seperti ayah inilah yang diinginkan masyarakat Sumatera Utara," ucapnya, dalam keterangannya, Kamis 26 September 2024.

Kemudian Bishop Gereja Tuhan Di Indonesia (GTDI) Bishop Dr Fasa Aro Zendrato STh MPdK dalam doanya memohon agar Tuhan mengijinkan kembali Edy Rahmayadi memimpin Sumut. Edy Rahmayadi yang hadir menerima dukungan itu, merasa bersyukur karena didukung masyarakat Kristen di Sumut.

KPU Rencana Gelar Tiga Kali Debat Publik Cagub dan Cawagub Sumut 2024

Ia menyebut dukungan tersebut sangat bermakna. "Bersyukur kepada Tuhan, karena kita dimampukan dan disatukan membangun Sumatera Utara. Mari kita laksanakan ini dengan bagus," ujar Edy Rahmayadi, yang hadir bersama Hasan Basri.

Dipesankannya juga agar masyarakat Kristen Sumut memberi Edukasi kepada masyarakat lainnya untuk menegakkan demokrasi dengan adil bermartabat. "Sampaikan kepada mereka, kita hadir untuk membangun bersama, untuk kepentingan bersama. Pastikan bahwa kita bisa mencapai kesejahteraan itu, Sumatera Utara yang bermartabat," ujarnya.