Carikan Solusi Penataan Ulang, Jadikan Bagan Percut Destinasi Wisata Deliserdang

Bacalon Bupati Deliserdang, Asri Ludin Tambunan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Bacalon Bupati Deliserdang, Asri Ludin Tambunan meninjau proses penimbunan tanah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bagan Percut, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Minggu 15 September 2024.

Bermain di Sungai, Bocah 10 Tahun di Deliserdang Tewas Tenggelam

“Hari ini saya melihat proses penimbunan tanah di TPU Bagan Percut, dimana masalahnya setiap air pasang, makam-makam di sini terendam air luapan muara. Ini menandakan bendungan di belakang sudah tak mampu menahan air,” ucapnya.

Setelah berdiskusi dengan Kepala Desa Percut, kata dia, ke depan

Mobil Tertimpa Pohon di Kabupaten Langkat, Tewaskan 3 Orang Satu Sekeluarga 

“Apalagi mata pencaharian warga disini didominasi nelayan. Jika nanti ia diberi amanah untuk memimpin Deliserdang, nantinya Pemerintah Kabupaten Deliserdang akan berupaya menjadikan Bagan Percut destinasi wisata baru di Deliserdang. Tentunya dibutuhkan dukungan masyarakat setempat,” ungkapnya.

Ia berharap, daerah Bagan Percut ke depan bisa menjadi Pasar Terapungnya Deliserdang yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Polisi Tangkap 4 Pria Diduga Terlibat Penembakan Pelajar di Sergai Hingga Tewas

Ketua Panitia Penimbunan TPU Bagan Percut, Ijul mengatakan, TPU itu mulai ditimbun sejak Juli 2023 dengan target tanah timbunan sedalam 1 meter. Sebab, kondisi 160 makam sangat memprihatinkan sehingga warga Bagan Percut berinisiatif untuk menimbunnya.

“Penimbunan ini sudah sejak 2023 dan ditimbun setiap hari Minggu kami lakukan secara bergotong royong. Untuk pemeliharaan makam, biasanya dikutip iuran setiap minggu secara door to door ke rumah warga. Namun, nominalnya seikhlas hati,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title