Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan Dioperasikan, Telah Digunakan 1.694 Penumpang

Penumpang kereta api melintasi Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan.
Sumber :
  • Dok KAI Sumut

VIVA Medan - Sejak diuji coba pada tanggal 5 September 2024 layanan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut, mencatat telah digunakan sebanyak 1.694 penumpang. Angkat tersebut, akan terus meningkat seiring dengan antusiasme pelanggan kereta api (KA) di wilayah Sumatera Utara yang merasakan manfaat dari kecanggihan layanan Face Recognition Boarding Gate.

Long Weekend Maulid Nabi, KAI Bandara Medan Angkut 41.054 Penumpang

Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa bersama Kepala KAI Divre I Sumut, Moh. Arie Fathurrochman meresmikan secara simbolis layanan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Kereta Api Medan dengan pemotongan pita. Layanan ini merupakan yang pertama di stasiun wilayah Pulau Sumatera.

Dengan teknologi Face Recognition, penumpang kereta api tidak perlu lagi repot membawa tiket kereta api fisik atau menunjukkan identitas. Cukup dengan verifikasi wajah, proses boarding menjadi lebih cepat, efisien, dan tentu saja aman. Inovasi ini adalah bukti nyata dari komitmen kita untuk selalu berada digaris depan dalam menghadirkan pelayanan prima.

HUT KAI Ke-79, Semangat Berikan Layanan Transportasi yang Terbaik Bagi Masyarakat

"Penerapan layanan Face Recognition Boarding Gate ini bukan hanya sekadar langkah penggunaan teknologi, tetapi juga bagian dari strategi besar KAI untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pelanggan. Dengan adanya sistem ini, kita mengurangi waktu tunggu, mempercepat proses layanan, sekaligus meningkatkan tingkat keamanan di stasiun," ucap Hadis, Minggu 15 September 2024.

Proses registrasi dapat dilakukan di Stasiun Medan yang akan dipandu oleh petugas secara gratis. Proses registrasi tidak dapat diwakili, cukup membawa e KTP proses registrasi dapat langsung dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada perangkat Reader kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.

KAI Sumut Catat Angkut 191 Ribu Penumpang di Bulan Agustus 2024

Bagi pelanggan yang tidak dapat melakukan registrasi karena tidak memiliki e-KTP seperti pelanggan anak atau e-KTP nya dalam keadaan rusak tidak perlu khawatir, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI.

Disisi lain, Libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW, penumpang KA diprediksi naik 11% atau 3.600 penumpang. Selama libur panjang Maulid Nabi secara total disediakan sebanyak 33 ribu tempat duduk ke berbagai tujuan, antara lain ke Stasiun Rantau Prapat, Kisaran, Tanjung Balai, Tebing Tinggi, dan Siantar.

Halaman Selanjutnya
img_title