Kronologi Mobil Terjun ke Danau Toba yang Menewaskan Seorang Kades di Simalungun

Tim Basarnas mengevakuasi korban yang terjun ke perairan Danau Toba.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Sebuah mobil terjun atau masuk ke dalam perairan Danau Toba, persisnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu sore, 31 Juli 2024, pukul 16.30 WIB. Evakuasi dilakukan tim SAR gabungan, dari Polres Karo, TNI dan Pos SAR Danau Toba.

Djumongkas Hutagaol Jadikan Kantor Medan Bus Rumah Pemenangan Edy Rahmayadi

Korban bernama Encon Haloho (57), berhasil ditemukan tiga jam kemudian dalam keadaan meninggal dunia. "Satu meninggal dunia dan di dalam mobil hanya satu orang saja," sebut Kepala Seksi Humas Polres Tanah Karo, Aiptu Budi Sastra Surbakti saat dikonfirmasi VIVA Medan, Kamis 1 Agustus 2024.

Budi menjelaskan bahwa evakuasi korban sudah berhasil dilakukan pada Rabu malam oleh tim SAR gabungan. Sedangkan, pengangkatan mobil Encon Haloho dari perairan Danau Toba masih terus dilakukan.

Bobocabin Patra Parapat, Sajikan Destinasi Glamping Eksklusif dengan Keindahan Danau Toba

"Hari ini, evakuasi mobil korban dilakukan kembali oleh tim gabungan," tutur Budi.

Berdasarkan data kronologi kejadian dihimpun, bahwa korban merupakan Kepala Desa Soping Ujung Seribu, Kecamatan Silima Huta, Kabupaten Simalungun. Sebelumnya kejadian, pada Rabu pagi, 31 Juli 2024, sekitar pukul 08.00 WIB. Encon Haloho berangkat ke Kantor Camat Pematang Silimahuta untuk Rapat 17 Agustus 2024.

Polisi Tangkap Bidan di Simalungun Karena Terlibat Pencurian Mobil Ambulans Puskesmas

Usai rapat pukul 12.00 WIB, korban meninggal kantor camat untuk pulang ke rumah. Korban mengendarai mobil Innova hitam pada Pukul 16.00 WIB. Dengan beriringan dengan keponakan korban bernama Anju Siboro mengendarai mobil Mitsubishi L300, melintas Jalan Desa Tongging menuju Desa Sibolangit Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

"Lalu sesampainya di lokasi kejadian tersebut, Anju Siboro tidak melihat mobil pamannya, dalam iringan bersamanya. Sehingga Anju Siboro berhenti dan melihat ke arah tebing Danau Toba," jelas Budi.

Halaman Selanjutnya
img_title