Tekan Angka Kecelakaan di Sumut, Pj Gubsu: Disiplin Berlalulintas Wajib

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba Tahun 2024.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara, mendorong masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dan keamanan berlalu lintas. Hal ini berguna untuk keselamatan diri sendiri dan juga orang lain di jalan raya.

Lantik Pj Bupati Dairi, Pj Gubsu Berpesan Antisipasi Gejolak Politik di Pilkada 2024

Hal itu, diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin usai Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2024 di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Rabu (13/3).

Data Polda Sumut tahun 2023, terdapat 6.739 kasus kecelakaan lalu lintas, angka ini meningkat 4,2% dari tahun sebelumnya 6.465. Karena itu, menurut Hassanudin, perlu adanya upaya peningkatan disiplin berlalu lintas di masyarakat.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

“Kecelakaan lalu lintas tidak jarang juga merugikan orang lain yang tidak bersalah, dan tidak jarang juga fatal akibatnya, jadi masyarakat diimbau untuk meningkatkan kedisiplinan di jalan raya, bukan cuma patuh terkait peraturan, tetapi juga etika di jalan,” kata Hassanudin.

Berdasarkan data dari Polri Januari hingga akhir Desember tahun 2023, Sumut masuk 10 besar terkait tingkat kecelakaan lalu lintas. Tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi ada di Provinsi Jawa Timur yaitu 31.992 kasus disusul 31.581 kasus dan DKI Jakarta 11.530 kasus.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

“Bila kita rata-ratakan dengan jumlah pengguna jalan kita setiap hari ada empat kasus kecelakaan lalu lintas, ini cukup tinggi, karena itu disiplinlah berlalu lintas wajib untuk siapa-siapa, untuk keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya,” kata Hassanudin.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengatakan Operasi Keselamatan Toba 2024 akan berlangsung selama 14 hari terhitung Selasa (12/3). Target-target operasinya antara lain titik rawan kemacetan, kecelakaan dan rawan pelanggaran.

Halaman Selanjutnya
img_title