Amankan Pemilu 2024 di 4 Provinsi, Kodam I Bukit Barisan Terjunkan 15 Ribu Personel

Apel pengamanan Pemilu 2024 di Lapangan Benteng, Medan.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Sebanyak 15 ribu personel TNI dari Kodam I Bukit Barisan, diterjunkan untuk membantu Polri dalam melakukan pengamanan Pemilu Tahun 2024. Dengan tujuan, TNI menjalani tugas pengamanan Pemilu yang aman, damai, dan tertib. 

Nakes di Simalungun Diperkosa 3 Pria di Ruangan Rumah Sakit, Salah Satu Pelaku Mantan Kekasih Korban

Belasan ribu anggota TNI itu, bertugas mengamankan Pemilu di 4 Provinsi, di wilayah kerja Kodam I Bukit Barisan, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

Hal itu, diungkapkan oleh Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan kepada wartawan, usai memimpil apel pengamanan Pemilu 2024, di Lapangan Benteng Medan, Kamis pagi, 1 Februari 2024.

Golkar antara Ijeck dan Bobby di Pilgubsu, Pengamat Sorot Kepentingan Elit Jakarta

“Untuk di Kodam I, nanti kita kerahkan satu kompi. Kemudian untuk jajaran Polres itu satu pleton TNI. Kita masih banyak cukup untuk kita siapkan dan siap kita kerahkan. Jadi, sampai saat ini kekuatan kita 15 ribu untuk angkatan darat saja,” jelas Hasan.

Untuk diketahui, Kodam Bukit Barisan total memiliki kekuatan 88.724 personel di empat provinsi yang menjadi wilayah kerja. Sumatra Utara ada sejumlah 45.875 personel. Kemudian, 19.366 personel di Riau, Sumatera Barat ada 17.569 personel dan Kepri 5.914 personel.

Sambut Lebaran, Asian Agri Gelar Bazar Minyak Goreng dan Beras Premium Harga Terjangkau

Hasan mengungkapkan pihaknya siap menyukseskan Pemilu 2024, bersama masyarakat dan stakeholder terkait. Termasuk, melakukan pengamanan distribusi logistik Pemilu oleh KPU hingga pelaksanaan hari pemungutan suara aman dan lancar.

“Kami (TNI) siap untuk mendukung pengamanan Pemilu 2024 dengan aman, damai, dan tertib. Wilayah Kodam I ini banyak pulau-pulau yang harus menjadi atensi kita. Pulau Mentawai, Nias, juga di Natuna. Sejauh ini tidak ada masalah,” kata Hasan.

Halaman Selanjutnya
img_title