Pendistribusian Logistik di Nias, Bawaslu Sumut Ingatkan KPU Jangan Simpulkan Sepihak

Kantor Bawaslu Sumut.
Sumber :
  • Dok Bawaslu Sumut

VIVA Medan - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut mengingatkan KPU Sumut jangan memberikan kesimpulan soal pengiriman logistik Pemilu 2024 di Kepulauan Nias tersebut, sudah memenuhi Standar Operasional Procedur (SOP).

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Hal itu, diungkapkan oleh Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu. Ia mengatakan pihaknya, masih terus mendalami dan menelusuri ada dugaan pelanggaran atau tidak dalam proses pengiriman logistik tersebut.

"Jadi sejauh ini, Bawaslu Sumatera Utara belum ada pernah menyimpulkan apapun terkait temuan (logistik) itu. Jadi, Bawaslu tidak ada kesimpulan bahwa ini kesalahannya KPU atau tidak ada," sebut Saut kepada VIVA Medan, Kamis 4 Januari 2024.

Khofifah Serahkan SK Ketua IKA Unair Wilayah Sumut Kepada Bakhrul Khair Amal

Penemuan logistik Pemilu 2024, yang disimpan di gudang milik salah seorang warga di Kota Gunungsitoli, pada Sabtu malam, 30 Desember 2023. Lanjut, Saut mengatakan pihaknya, menerima informasi tersebut, langsung turun ke lokasi.

Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data, dan Informasi Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu.

Photo :
  • BS Putra/VIVA Medan
Viral Emak-emak di Taput Dituduh Mencuri Kentang Padahal Cuma Pegang, Begini Kronologinya

"Setelah menemukan itu di tanggal 30 lalu, dan untuk dievakuasi dari tempat yang tidak semestinya itu, kenapa tidak semestinya?. Karena kita berdasarkan wawancara, jajaran kita bahwa itu bukan gudang. Itu artinya, kan bukan semestinya. Nah kita juga tidak pernah mengekspos apa isi dari," jelas Saut.

Saut mengungkapkan pihaknya, tidak pernah menyampaikan apa isi dalam ratusan kotak tersebut. Meski di dalamnya hanya perlengkapan Pemilu, bukan surat suara.

Halaman Selanjutnya
img_title