Target Geo Park Danau Toba Raih Green Card, Pemprov Sumut Evaluasi Rombak Kepengurusan BPTCUGGp

Presiden RI Joko Widodo, menikmati alam Danau Toba dari Sipinsur Geosite Desa Parulihan, Kabupaten Humbahas.
Sumber :
  • Fanpage Presiden Jokowi

VIVA Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara mendorong Badan Pengelola Toba Caldera Unesco Global Geopark (BPTCUGGp) Sumut, untuk segara menjalankan rekomendasi dari UNESCO. Dengan tujuan, Geo Park Danau Toba keluar dari Yellow Card dan meraih Green Card.

Jalan Alternatif Langkat-Karo Longsor, Sisakan 1 Meter yang Bisa Dilalui Pengendara

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut, Arief Sudarto Trinugroho membantah bahwa BPTCUGGp Sumut tidak bekerja untuk Geo Park Danau Toba. Dengan kartu kuning, sebagai memicu bekerja lebih baik kedepannya.

"Keluarnya kartu kuning karena pengurus tidak bekerja ini, dua hal yang berbeda. Pengurus (BPTCUGGp) menurut saya sudah bekerja," sebut Arief, Jumat 7 Oktober 2023.

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

Arief mengatakan bahwa geo park kena kartu kuning, harus ada perbaikan. Semua itu, hasil revalidasi dari tim asesor UNESCO. Sedangkan, masih ada dua tahun untuk memperbaiki itu semua.

"Gini, bedanya kartu kuning dan hijau, itu untuk usia revalidasi. Kalau dia kartu hijau setiap empat tahun. Kalau kartu kuning kita dua tahun direvalidasi itu bedanya," jelas Arief.

Muluskan Langkah Menuju Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke NasDem

Sekdaprov Sumut, Arief Sudarto Trinugroho.

Photo :
  • Dok Pemprov Sumut

Dengan mendapatkan kartu kuning dari UNESCO. Arief menjelaskan bahwa Pemprov Sumut melakukan evaluasi terhadap kinerja BPTCUGGp Sumut. Hal itu, bertujuan untuk meningkatkan kinerja lebih baik kedepannya dalam pengelolaan geo park di kawasan danau terbesar di Asia Tenggara ini.

Halaman Selanjutnya
img_title