Potensi Zakat Rp 3 Triliun, Edy Rahmayadi : Tidak Ada Fakir Miskin di Sumut

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. (B.S.Putra/VIVA)
Sumber :

VIVA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara menyalurkan Zakat, Infak Dan Sedekah (ZIS) capai Rp 4 miliar pada triwulan IV tahun 2022. Kemudian, ZIS distribusikan antara lain ke fakir miskin, mualaf, gharimin, fisabillah dan ibnu sabil.

ZIS disalurkan dengan berbagai bentuk seperti bedah rumah, pembuatan bengkel, bantuan ke kelompok tani, pondok pesantren, biaya pendidikan, modal usaha dan lainnya.

Tahun ini, Badan Zakat Nasional (Baznas) Sumut mengumpulkan sekitar Rp17.930.903.836. Namun, Sumut harusnya bisa mengumpulkan zakat hingga Rp3 triliun. Dengan begitu, bisa menekan angka kemiskinan dan membantu pemulihan ekonomi.

260 Advokat se-Sumut Deklarasi Dukungan, Siap Memenangkan Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024

Baca juga:

Hal itu, disampaikan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat Pelantikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) periode 2022-2027 dan distribusi ZIS di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, Senin 26 Desember 2022.

"Ini terkait kesadaran, ini perintah Allah, kalau kita bisa kumpulkan (ZIS) Rp3 triliun pertahun Insya Allah, tidak ada fakir miskin di Sumut, ekonomi kita lebih baik," jelas Gubernur Edy.

UPZ yang dilantik pada kesempatan ini antara lain Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sumut Asren Nasution sebagai Ketua, Kabag Bina Mental dan Spiritual Biro Kesra Zulkarnaen sebagai Sekretaris dan Nunuk Mutia Sari sebagai bendahara. Edy Rahmayadi meminta kepada UPZ agar giat menjalankan tugasnya seperti sosialisasi, pengumpulan dan pendataan ZIS.

"Kesadaran itu sangat penting, tugas UPZ krusial di situ, sosialisasikan, sehingga ada peningkatan zakat kita, jadi semakin banyak yang menerima," ucap mantan Pangkostrad itu.

Sementara itu, Ketua Baznas Provinsi Sumut Mohammad Hatta mengatakan potensi zakat Sumut mencapai Rp8,1 triliun. Menurutnya, bila ini benar-benar maksimal akan membantu mengentaskan kemiskinan di Sumut.

"Salah satu upayanya adalah membentuk UPZ di instansi dan perusahaan, target kita ada 1.000 UPZ termasuk sampai ke instansi di kabupaten/kota hingga kecamatan," kata M Hatta saat sambutan.

Hadir pada acara ini antara lain Plt. Biro Kesra Baharuddin Siagian, Plt. Kadis Kominfo Ilyas S Sitorus dan OPD terkait lainnya. Hadir juga pimpinan BUMD, perusahaan, donatur serta penerima zakat, infaq dan sedekah.

Edy Rahmayadi Disambut Hangat Ratusan Jamaah Suluk Thariqat Naqsabandiyah di Langkat