Viral, Satreskrim Polres Binjai Kirim Surat Pemanggilan Kepada Orang Meninggal

Pemakaman Bertah Sembiring yang dipanggil Satreskrim Polres Binjai.
Sumber :
  • Tangkapan Layar/VIVA

VIVA Medan - Viral sebuah video menunjukkan surat pemanggilan sebagai saksi dari Penyidik Unit I Pidum Satuan Reserse Kriminal Polres Binjai dengan saksi bernama Bertah Sembiring. Namun, saksi dipanggil tersebut sudah meninggal dunia sejak 21 Maret 2023.

Usai Upacara HBP ke-60, Lapas Siborongborong 'Digruduk' Personel Polsek Siborongborong

Surat pemanggilan sebagai tersebut, dilayangkan pihak kepolisian pada 8 Juni 2023 ditandatangani langsung Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Binjai, AKP Rian Permana. Laporan tersebut diterima VIVA, dengan pelapor Herawati Sitepu dengan terlapor Darwan atas dugaan perusakan tanaman jagung di Jalan Gunung Singgalang, Kelurahan Bhakti Karya, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara, pada 25 Januari 2023.

Dalam surat itu, Bertah Sembiring disuruh menghadap dan memberikan keterangan saksi kepada penyidik kepolisian di Polres Binjai, pada Senin 12 Juni 2023, pukul 11.00 WIB. Dalam video viral tersebut, tampak keluarga almarhum mendatangi kuburan Bertah Sembiring sembari membawa surat pemanggilan tersebut, yang terbungkus amplop coklat.

Tertutup Material Longsor, Jalan Alternatif Langkat-Karo Tak Bisa Dilalui

Kemudian keluarga meletakkan surat pemanggilan itu, di atas kuburan almarhum. Hal itu, dilakukan pihak keluarga sebagai bentuk protes terhadap pihak Polres Binjai memanggil orang sudah meninggal sebagai saksi.

Kuasa Hukum almarhum Bertah Sembiring, Hendra Manatar Sihaloho, SH mengatakan bahwa kasus ini, tidak lepas dengan konflik dialami kelompok Tani Mekar Jaya di Kota Binjai. Termasuk, almarhum merupakan bagian kelompok tani tersebut. Singkat cerita, pada Selasa 21 Maret 2023. Bertah dikejar oleh sekelompok pria di lahan pertanian sesuai dengan laporan tersebut, hingga sepeda motor korban dibakar.

Peredaran Pil Ekstasi di Diskotek SS Diungkap Polres Binjai, 2 Pengedar Ditangkap

"Almarhum selamat kejaran kelompok pria itu, menggunakan senapan angin rakitan, pakai samurai, dikejar-kejar tertinggal sepeda motornya. Sepeda motornya terbakar dan setelah itu, meninggal lah dia," sebut Hendra saat dikonfirmasi VIVA, Sabtu siang, 10 Juni 2023.

Untuk mengusut kasus pembakaran sepeda motor korban. Hendra mengatakan polisi membuat laporan A. Karena, korban sudah meninggal dunia dan pihak keluarga korban juga sudah menyertakan surat alih waris sebagai sepeda motor terbakar.

Halaman Selanjutnya
img_title