Karhutla di Humbahas Diperkirakan Capai 30 Hektare, Penyebab Kebakaran Diselidiki

Tim Gabungan padamkan kebakaran hutan dan lahan di Humbahas.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas), Sumatera Utara. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sumut mencatat luas kebakaran sekitar 30 hektar.

LKPD 2023, Pemprov Sumut Target Raih WTP ke-10 Berturut-turut

Berdasarkan data diperoleh VIVA, Karhutla terjadi di Desa Sinambela dan Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas), Sumatera UtaraU(Sumut) Minggu sore, 14 Mei 2023, sekitar pukul 16.30 WIB.

"Sebagai informasi, luas Karhutla kami estimasi kurang lebih 30 Hektare," sebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Pemprov Sumut, Yuliani Siregar diterima VIVA, Selasa pagi, 16 Mei 2023.

Operasi Keselamatan 2024, Polda Sumut Tindak 24 Ribu Lebih Kendaraan

Yuliani menjelaskan bahwa lokasi kebakaran merupakan status kawasan hutan lindung. Kondisi tutupan lahan didominasi semak belukar dan sebagian hutan pinus.

"Api sudah kita pastikan padam dan tetap melakukan pemantauan di lokasi," jelas Yuliana sembari mengatakan untuk penyebab kebakaran masih dilakukan penyelidikan pihak kepolisian.

Bawaslu Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam Pengawasan Bersama di Pilkada 2024

Yuliana mengimbau dan mengingatkan kepada masyarakat, agar tidak membuka atau membersihkan lahan dengan cara membakar. Karena, sangat berbahaya dan merusak lingkungan. Untuk proses pemadaman melibatkan TNI/Polri, pihak Kecamatan setempat, warga sekitar dan petugas pemadam kebakaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbanghasundutan.