Banjir Bandang di Sibolangit Banyak Ditemukan Potongan Kayu, Diduga Ilegal Logging

Mobil minibus dan potongan pohon tersapu banjir bandang di objek wisata Sembahe, Kabupaten Deliserdang.
Sumber :
  • Kolase Foto/VIVA Medan

VIVA Medan - Banjir bandang menerjang kawasan objek wisata Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli, Minggu sore, 30 April 2023. Material banjir bandang itu, terlihat banyak potongan kayu terbawa derasnya arus sungai tersebut. Diduga terjadi penebangan hutan atau ilegal logging di hulu sungai.

Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran 2024, Kehadiran ASN Pemprov Sumut 99,49 Persen

"Iya ada itu ku tengok di dalam video (potongan kayu). Kita BPBD tidak bisa memastikan hal ini (ilegal logging)," sebut Kepala BPBD Sumut, Tuahta Ramajaya Saragih kepada wartawan, Senin 1 Mei 2023.

Tuahta mengungkapkan bahwa Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan menyampaikan pesan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, untuk memantau hal tersebut.

Hari Terakhir Cuti Lebaran 2024, KAI Sumut Angkut 10.700 Penumpang

Mobil terseret banjir bandang di objek wisata Sembahe, Deliserdang.

Photo :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

"Tapi, tadi sewaktu bertemu dengan Bupati Deli Serdang. Ada juga mereka menyampaikan, menitip pesan lah pada Pemprov, untuk memantua memonitor apakah ada seperti itu (Penebangan liar), permintaan dari mereka begitu. Karena melihat banyak kayu kayu itu kan," jelas Tuahta.

Polisi Serahkan Godol Tersangka Kasus Kepemilikan Senpi ke Kejari Deliserdang

Mantan Kadispora Sumut itu, mengatakan pihaknya tidak bisa memastikan hal tersebut. Karena, bukan menjadi tugas mereka. Namun, penemuan di lapangan terkait banjir bandang itu, akan disampaikan kepada Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan OPD terkait untuk diambil keputusan segera.

"Kalau dari pesan Pemkab Deliserdang itu, akan kita sampaikan kepada OPD terkait, untuk memantau itu, apakah kemungkinan ada seperti itu," ucap Tuahta.

Halaman Selanjutnya
img_title