Gempa Magnitudo 7.3 di Mentawai, Warga Tanabala Nias Selatan Sempat Mengungsi

Seismometer Gunung Sinabung mencatat getaran gempa 6.2 Aceh Singkil.
Sumber :
  • PPGA Sinabung

VIVA Medan - Gempa magnitudo 7,3 mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada Selasa dini hari, 25 April 2023. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang sempat berpotensi tsunami dan guncang dirasakan hingga ke Pulau Tanabala, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Siswa SMKN 1 Nias Selatan Tewas Diduga Dianiaya, Kepala Sekolah Jadi Tersangka

Namun, BMKG resmi menyatakan bahwa peringatan dini tsunami telah berakhir pascagempa magnitudo 7,3 yang mengguncang wilayah Sumatera Utara dan Sumatera Barat pada Selasa dini hari, 25 April 2023.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Nias Selatan, Epaproditus Dachi menjelaskan kondisi di Kabupaten Nias Selatan, terutama di Pulau Tanabala dalam keadaan aman kondusif. 

Imbas Kematian Siswanya Diduga Dianiaya, Kepsek SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

"Kondisi saat ini, aman dan terkendali. Tadi malam (dini hari) sempat panik juga. Ada peringatan dini Tsunami dari BMKG melalui WhatpApss Grup," sebut Epaproditus saat dikonfirmasi VIVA MEDAN, Selasa pagi, 25 April 2023.

Gempa ini, Epaproditus mengungkapkan banyak warga terutama berada disekitar kawasan Pula Tanabala mengungsi, karena menerima informasi ada potensi tsunami tersebut. Hal ini, untuk melakukan antisipasi dan penyelamatan diri.

Siswa SMKN 1 Nias Selatan Tewas Diduga Dianiaya Kepala Sekolah, Ini Kata Disdik Sumut

"Masyarakat banyak mengungsi sekitar Tanabala. Banyak yang mengevakuasi diri sendiri. Sekarang sudah kembali ke rumah masing-masing," ucap Epaproditus.

Seismometer mendeteksi adanya getaran akibat gempa. (Ilustrasi)

Photo :
  • istockphoto.com
Halaman Selanjutnya
img_title