Pebiliar Berusia 74 Tahun Asal Jateng Sukses Boyong Medali Emas di PON 2024

Pebiliar Jateng, Tan Kong A, sukses meraih medali emas di PON 2024.
Sumber :
  • Dok PB PON 2024 Wilayah Sumut

VIVA Medan - Pebiliar tertua asal Jawa Tengah (Jateng) Tan Kong A, sukses meraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut. Pebiliar 74 tahun itu berhasil mengalahkan wakil DKI Jakarta, Rudi Hasan dalam laga Final 3 Cushion Single.

Meski Baru Eksibisi, Honor Of Kings Diharapkan Masuk Nomor Cabor Esport di PON 2028

Pertandingan cabang olahraga (Cabor) billiar ini, berlangsung Pardede Hall Medan, Kamis 12 September 2024. Tan Kong A berhadapan dengan Pebiliar DKI Rudi Hasan, dengan menetapkan 40 point/50 inning, dimana pemain harus mengejar skor 40 poin dalam 50 pukulan.

Tan Kong A mengungkapkan rasa syukur atas raihan medali emas ini. Medali emas ini, dipersembahkan kepada masyarakat Jateng yang sudah memberikan dukungan dan doa kepada dirinya.

Eksibisi HOK PON 2024 : Jabar Medali Emas, Banten Perak dan Sumut Perunggu

"Senang banget, kemenangan ini menjadi emas kedua, setelah saya berhasil mengalahkan DKI. Saya persembahkan emas ini untuk seluruh warga yang telah mendoakan saya," ucap Tan Kong A.

Poin Pertama berhasil dicetak Pebiliar Jateng dengan skor 1 pada inning 2. Selanjutnya diimbangi Pebiliar DKI dengan skor 1 pada inning 3. Pada inning 30, Pebiliar DKI Rudi berhasil memimpin skor 24 poin sedangkan Jateng 20 poin. Namun di inning 40, Pebiliar Jateng berhasil meningkatkan skor, sehingga kedudukan skor menjadi 29 poin dan DKI 26 poin.

Atlet Boling Jatim Sabet Medali Emas Nomor Tim 4 Putri di PON 2024

Inning 46, Pebiliar Jateng berhasil menang dengan skor 40 poin. Sedangkan pebiliar DKI 27 poin. Usai memenangkan pertandingan, Pebiliar Tan Kong A mengaku gembira dan bermain tanpa beban melawan Pebiliar DKI Jakarta, Rudi Hasan.

"Saya pemain termuda disini, eh pemain tertua. Senang banget bisa menang dan saya tanpa beban bermain tadi. Dalam permainan tadi, saya berusaha menjaga bola agar dia (Rudi,red) jangan berkembang. Dan masih ada 2 pertandingan lagi kedepannya. Dan ini perolehan emas kedua dalam pertandingan biliar," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title