Abdul Hafiz Sumbang Emas untuk Sumut dari Lempar Lembing PON 2024

Abdul Hafiz, atlet lempar lembing Sumut raih emas di PON 2024.
Sumber :
  • Dok PB PON 2024 Wilayah Sumut

VIVA Medan - Abdul Hafiz, atlet lempar lembing Sumatera Utara (Sumut) sukses meraih medali emas untuk Provinsi Sumut, di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, Aceh-Sumut. Pertandingan itu, berlangsung di Stadion Madya Atletik Sumut Sport Centre, Kabupaten Deliserdang, Jumat 13 September 2024.

Bobocabin Patra Parapat, Sajikan Destinasi Glamping Eksklusif dengan Keindahan Danau Toba

Atlet yang pernah tampil di Sea Games tersebut menang tipis dari rivalnya pada cabang olahraga (Cabor) lempar lembing putra. Di putaran pertama, Abdul Hafiz dengan nomor punggung 296 berhasil meraih jarak terjauh dengan nilai 62,98 meter. Di putaran kedua, Silfanus Sindiken memimpin dengan perolehan 66,39 meter, diikuti Abdul Hafiz dengan perolehan angka 63,99 meter.

Persaingan Abdul Hafiz dan Silfanus Sindiken asal Papua terus terjadi. Namun, Abdul Hafiz berhasil keluar sebagai juara setelah 6 kali percobaan. Lemparan terjauh Hafiz tercatat 67,43 meter. Atas berhasil mengamankan medali emas itu, Abdul Hafiz mengucapkan rasa syukur, bisa menyumbang medali emas kepada kontingen Sumut.

PON 2024 Carut Marut, DPRD Sumut: Pertanggungjawaban ke Masyarakat

“Saya senang dan bersyukur masih bisa mempertahankan emas, walaupun belum mendapatkan hasil yang maksimal," kata Hafiz kepada wartawan, usai menerima medali emas.

Hafiz mengatakan upayanya di PON 2024 kali ini cukup berat. Satu bulan sebelumnya dia mengalami cedera pinggang yang membuat Hafiz merasa medali kali ini lebih spesial. “Dua bulan sebelum PON XXI sempat ada kendala, yaitu cedera di bagian pinggang, tadi bahkan sempat tertarik otot saat bertanding, tetapi alhamdulillah masih bisa terus melempar," ucap Hafiz.

Taklukan Wakil Jabar, Jefri Zen - Punguan Raih Emas Ketiga Biliar Sumut di PON 2024

Di posisi kedua untuk medali perak diraih atlet dari Papua Selatan, Silfanus Ndiken dengan lemparan terjauh 66,39 meter. Sedangkan untuk posisi ketiga diraih Marsim yang berasal dari Sumatera Selatan. Dia membukukan lemparan terjauh 65,41 meter.