Raih 2 Emas, Nicholas dan Harris Buka Kran Wushu Sumut di PON 2024

Pewushu Sumut raih emas di PON 2024 Aceh-Sumut.
Sumber :
  • Aris Dasril/VIVA Medan

VIVA Medan - Pewushu Sumatera Utara (Sumut), Nicholas dan Harris Horatius raih emas perdana dan kedua bagi kontingen Sumut di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024, pada hari pertama yang digelar di GSG Sumut Jalan Pancing, Kamis 12 September 2024. Raihan Sumut ini sama dengan perolehan DKI Jakarta yang juga meraih 2 medali emas.

PON 2024 Libatkan 500 UMKM, Pj Gubernur Sumut: Banyak Sektor Terdampak Positif

Pewushu Sumut, Nicholas dan Harris Horatius mengawali pundi-pundi emas bagi tuan rumah yang tampil di hadapan Pendiri Wushu Sumut sekaligus Bapak Taiji Indonesia Master Supandi Kusuma, Bapak Wushu Indonesia IGK Manila, Wakil Ketua PB WI Iwan Kwok, Eisen Gauw, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Umum Pengprov WI Sumut Darsen Song, Tim Manajer Landen Marbun.

Nicholas menjadi pembuka kran medali emas Wushu Sumut dari nomor Taijiquan (taiji tangan kosong). Atlet Kota Medan binaan Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI) ini mencatat poin tertinggi 9,640. Medali perak nomor ini direbut Rainer Reinaldy Ferdiansyah (Jatim) total 9,633 poin dan perunggu miliknya Juan Hendy Irmanto (DI Yogyakarta) total poin 9,606.

Boling Ganda Putri Sumut Boyong Medali Emas Perdana di PON 2024

Sukses Nicholas diikuti Harris Horatius yang menjadi terbaik di nomor Nanquan, setelah mencatat poin 9,643. Tempat kedua Nicholas Karanka (Jatim) 9,616 dan perunggu Akbar Dwi Affandi (Jatim) 9,610.

Sukses Wushu Sumut meraih dua medali emas sesuai tekad Ketua Umum Pengprov WI Sumut Darsen Song yang sebelumnya memang berkeinginan start timnya langsung meraih emas. “Capaian dua emas ini cukup baik, meski sesungguhnya ada peluang mendapat tiga emas melalui Trisha Luvent di Taijijiquan Putri. Hanya saja dalam pergerakannya yang sedikit goyang saat pendaratan. Kita berharap Trisha bisa lebih baik di Taijijian (taiji pedang) Sabtu,” ujar Darsen didampingi Tim Manajer, Landen Marbun.

Closing Ceremony PON 2024 di Sumut, Terapkan Pengamanan Sistem Tiga Ring

Secara keseluruhan, penampilan pewushu Sumut menurut Darsen dan Landen sudah cukup baik. Seperti di Wushu Sanda, dari enam atlet yang turun bertanding, lima di antaranya memetik kemenangan. Mereka adalah Elsanda Sitio (52kg putri) menang atas Junisia YL (Banten), Fereddy Sinaga ( 52 kg putra) mengatasi perlawanan Refaldo Gohao (Maluku Utara).

Kemudian, Elbi Elisius Brahmana (56 kg putra) menundukkan Kohar (Kaltim), Harry Brahmana (70 kg) mengalahkan Rifqi Bernandi (Sumsel), Roberto Manik (75 kg) menundukkan Denni Daffa (Bengkulu). Satu kekalahan pesanda Sumut dialami Desi Ratnawati Sagala (56 kg putri), yang takluk dari Gita Ariesta 1-2.

Halaman Selanjutnya
img_title