FORNAS 2023: Rusmanto, Eva Dwi Sukma dan Sufina Buka Kran Medali KORMI Sumut

Pegiat lari trail Sumut, Eva Dwi Sukma raih perak di FORNAS 2023.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Kontingen Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Sumatra Utara (Sumut) mulai membuka kran perolehan medali di ajang Festival Olahraga Nasional (Fornas) VII/2023 di Jawa Barat. Hari pertama FORNAS 2023, KORMI Sumut raih dua perak - 1 perunggu dari lari trail dan Sepeda Tua.

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

Dari lari trail diraih pegiat lari trail (ALTI) Sumut, Rusmanto, yang berlangsung dramatis. Rusmanto meraih medali perak karena selisih beberapa detik dari pegiat DKI Jakarta yang meraih emas. Lari trail merupakan lomba yang memang ditarget meraih medali.

Samsudin Tarigan, Pj KORMI Sumut untuk ALTI, mengatakan medali perak yang disumbangkan Rusmanto untuk Sumut diperoleh secara dramatis.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilgub Sumut 2024, Ini Hasilnya

"Sejak awal kita yakin pegiat ALTI mampu merebut medali emas. Tapi situasi lapangan memang tidak selalu sesuai harapan. Rusmanto sempat tersesat karena petunjuk jalurnya ada yang hilang dan rusak," kata Samsudin didampingi Ketua ALTI Sumut, Hendry Wahyudi, di Curug Tilu Ciwidey, Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa 4 Juli 2023.

Kata dia, saat lomba Rusmanro yang bermain di nomor lari trail 40 km, unggul dari pegiat ALTI DKI Jakarta yang ada di belakangnya. 

Mengucap Bismillah, Musa Rajekshah : Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Tapi di kilometer 30-an, sejumlah pelari termasuk Rusmanto, sempat tersesat. Panitia yang menyadari itu kemudian mengarahkan lagi ke jalur lomba. Tapi Rusmanto sudah disusul oleh pegiat DKI Jakarta.

Hendry mengatakan, drama terjadi 150 meter jelang garis finish. Saat kedua pelari ini sudah bertemu di jalur (one on one) menuju garis akhir, Rusmanto mengalami keram di bagian kaki.

Halaman Selanjutnya
img_title