Resmikan 2 Jalan Tol di Sumut, Jokowi Sebut Mempersingkat Konektivitas ke Danau Toba dan KEK

Presiden RI, Joko Widodo resmi dua jalan tol di Sumut.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Jalan tol ini diharapkan mampu mendorong perekonomian masyarakat dan ditargetkan dapat mengintegrasikan pergerakan logistik di kawasan ekonomi.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Kedua jalan tol tersebut, yakni Jalan Tol Indrapura - tol Kisaran seksi I Indrapura - Lima Puluh (15,6 km) garapan PT Hutama Karya (Persero) dan Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat seksi I Tebing Tinggi - Indrapura (28 km) yang digarap oleh anak usaha Hutama Karya, PT Hutama Marga Waskita (HMW).

Dalam peresmian tersebut, dihadiri langsung Menteri Perhubungan Budi Karya, Pj Gubernur Sumatra Utara Hassanudin, Komisaris Utama Hutama Karya Laksamana TNI Yudo Margono. Kemudian, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, Direktur Utama HMW Dindin Solakhuddin, Direktur Utama PT PP Novel Arsyad, dan sejumlah pejabat daerah terkait.

Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

"Alhamdulillah, pada pagi hari ini, baru saja kita resmikan Seksi Tebing Tinggi - Indrapura dan Seksi Indrapura - Lima Puluh yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera," sebut Jokowi dalam sambutannya sekaligus menandai peresmian ruas ini dengan menandatangani 2 prasasti, berlangsung di Gerbang Tol (GT) Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Rabu 7 Febuari 2024.

Gerbang tol Tebing Tinggi.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan
Bendungan Lau Simeme di Deliserdang Ditargetkan Selesai Juni 2024

Jokowi mengungkapkan bahwa jaringan jalan tol ini akan mempersingkat konektivitas kawasan pariwisata di Danau Toba dan mempersingkat waktu ke daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), mempercepat waktu tempuh dari Medan dan sekitarnya menuju Kisaran sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong tumbuhnya wisata baru.

“Dengan pembangunan jalan tol ini, diharapkan akan semakin banyak investasi dan investor yang datang untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Provinsi Sumatera Utara dan meningkatkan kunjungan wisata ke destinasi seperti Danau Toba dan sekitarnya, mengefisienkan biaya logistik, meningkatkan daya saing daerah serta menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya” jelas Jokowi.

Halaman Selanjutnya
img_title