Viral Tarik Uang Rp100 Ribu dari ATM - Keluar Rp52 Ribu, Ini Kata Bank Indonesia

Viral uang pecahan Rp50 ribu dan Rp2 ribu dari mesin ATM.
Sumber :
  • TikTok

VIVA - Bank Indonesia (BI) menanggapi soal video viral seorang nasabah yang melakukan transaksi penarikan uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) pecahan Rp50 ribu sebesar Rp100 ribu, yang keluar malah pecahan Rp50 ribu dan Rp2 ribu.

Resmikan Kantor Perwakilan LPS di Medan, Pj Gubsu Berharap Layanan Keuangan Dirasakan Masyarakat

Kejadian tersebut dialami seorang nasabah saat melakukan tarik tunai di ATM, di salah satu minimarket Yogyakarta. Video tersebut viral di media sosial, usai seorang warganet bernama Mastur, membagikan pengalamannya saat melakukan tarik tunai Rp100 ribu uang yang keluar sejumlah Rp52 ribu, dengan pecahan Rp50.000 dan Rp2.000.

Bank Indonesia pun merespon hal tersebut. Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono meminta, kepada konsumen untuk langsung menghubungi bank terkait jika hal itu betul-betul terjadi.

Kucurkan Klaim Simpanan Rp237 Miliar, LPS Jaga Ketenangan Nasabah

"Kalau konsumen benar-benar merasa uang yang keluar tidak sesuai bisa langsung hubungi banknya untuk melaporkan," kata Erwin melansir VIVA, Selasa, 11 Juli 2023.

Kendati demikian, Erwin menuturkan, dari kejadian itu sulit untuk membuktikan apakah kesalahan ada pada mesin ATM. Sebab, dari video yang beredar itu, tidak menunjukkan uang yang keluar dari ATM. Pihak BI pun tak ingin menuding nasabah tersebut melakukan penipuan.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

"Saya enggak mengatakan si pembuat video sedang menipu. Hanya saja video itu tidak membuktikan uang yang sedang keluar dari ATM," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang warga bernama Mastur melalui akun TikTok pribadinya @masturcatur pada Jumat, 7 Juli lalu mengatakan awalnya ia hendak mengambil uang Rp100 ribu dengan pecahan Rp50 ribu.

Halaman Selanjutnya
img_title