Setelah PSI, Giliran Demokrat Tarik Dukungan dari Aulia Rachman dan Pilih Usung Rico-Zaki

Bacalon Wali Kota Medan, Aulia Rachman (batik) menerima surat B1KWK dari Ketua Umum Partai Demokrat, AHY.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - PSI, Partai Demokrat hingga PKS kompak menarik dukungan dari Aulia Rachman untuk maju di Pilkada Medan 2024. Kini, Wakil Wali Kota Medan itu, terganjal berlayar di Pilwakot Medan tahun ini. Untuk diketahui, pada Selasa malam, 27 Agustus 2024.

Rico Waas : Kita Bangun Kota Medan dengan Nilai-nilai Humanis

DPP PSI memberikan surat keputusan B1KWK kepada Bacalon Walikota dan Wakil Wali Kota Medan, Rico Waas - Zakiyuddin. Berkas B1KWK itu, diterima oleh Zakiyuddin. Pada malam itu, beredar di grup WhatsApp Jurnalis di Kota Medan, surat keputusan B1KWK dari Partai Demokrat, yang sama memberikan dukungan kepada Rico Waas - Zakiyuddin. Surat tersebut, ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, tertanggal 27 Agustus 2024.

Penarikan dukungan Partai Demokrat kepada Aulia Rachman dibenarkan oleh Ketua Bakomstra DPD Demokrat Sumut, Chairil Huda, saat dikonfirmasi VIVA, Rabu pagi, 28 Agustus 2024. "Iya benar, politik itu dinamis, dan ada perubahan (dukungan di Pilkada Medan) dari Aulia Rachman," kata Chairil.

Berkas Pendaftaran 3 Paslon Walikota dan Wakil Walikota Medan, KPU Nyatakan Memenuhi Persyaratan

Chairil mengatakan DPP Demokrat sudah memutuskan dukungan di Pilkada Medan, dengan mengusung Rico-Zaki, dan tidak mendukung Aulia Rachman dan Hidayatullah sebelumnya. "Perubahan dari Aulia Rachman kepada Rico-Zaki dukungan diberikan Partai Demokrat di Pilkada Medan ini," jelas Chairil.

Sebelumnya, Ketua DPD PSI Medan Renville P Napitupulu, kepada wartawan membenarkan hal serupa. Ia mengatakan DPP PSI sudah menyerahkan B1KWK kepada Zakiyuddin. "Ya, kemarin B1KWK nya kemarin belum keluar, sekarang mungkin ada perubahan sesuai dengan rekomendasi pasangan yang dikeluarkan PKS. Kemarin kita usung Rajudin Sagala sementara itu PKS dukung Hidayatullah," ucap Renville.

Melihat Kondisi Daerah dan Masyarakat, Rico Waas Jelajah Kota Medan

Renville mengaku sudah siap mesin partai untuk memenangkan Aulia Rachman di Pilkada Medan. Tapi, dengan keputusan DPP PSI mendukung Rico - Zaki, strategi ikut berubah bakalan. "Ya kita hanya ikuti DPP PSI. Tapi menurut saya sebenarnya kita sudah siap memenangkan Aulia. Kita tunggu saja B1KWK nya diserahkan, malam ini akan dikeluarkan. Kemungkinan iya ke sana Rico dan Zaki," jelas Renville.

Renville mengungkapkan bahwa sebenarnya banyak kader PSI yang ingin mendukung Aulia sebagai calon walikota Medan. "Apalagi kita tau kader kader PSI sudah paham yang kita anggap berpengalaman untuk memajukan Medan itu kan salah satu yang paham itu kan Aulia Rachman," tutur Renville.

Halaman Selanjutnya
img_title