Antisipasi Musim Penghujan, Usbat Ganjar Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Sukarelawan Ganjar Pranowo gotong royong membersihkan lingkungan bersama warga.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Memasuki musim penghujan, sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar gotong royong bersama warga membersihkan lingkungan guna mengantisipasi dampak hujan.

Tertutup Material Longsor, Jalan Alternatif Langkat-Karo Tak Bisa Dilalui

Gotong royong membersihkan lingkungan bersama warga di Jalan Bersama Pertiwi, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan pada Selasa 10 Oktober 2023.

Koordinator Daerah Usbat Ganjar Kota Medan, Ahmad Dairobi Butar Butar mengatakan tujuan mengadakan bersih-bersih lingkungan tersebut dilakukan sebagai upaya persiapan memasuki musim hujan. Dia menyebutkan, saluran air di lingkungan tersebut kondisinya kotor dan banyak sampah, hingga kerap menyebabkan genangan air yang bau menyengat dan banjir saat hujan.

Dituding Jadi Perusak Lingkungan, Masyarakat Adat Demo DPRD Sumut Tuntut PT TPL Ditutup

"Tujuan melaksanakan kegiatan hari ini supaya di lingkungan ini bersih apalagi saat ini kan musim hujan. Banyak parit-parit yang tersumbat sampah, maka supaya tidak terjadi banjir inisiatif kami membersihkan lingkungan," ujar Ahmad.

Sebelum dibersihkan oleh sukarelawan Usbat Ganjar dan warga, saluran air yang berada di lokasi kegiatan gotong royong dipenuhi sampah dan rumput liar di sepanjang jalan. Selang berapa lama setelah dibersihkan, kondisi Jalan Bersama Pertiwi langsung bersih dan saluran airnya tidak terdapat sampah lagi.

Lions Club Medan Tridharma Serahkan Bantuan 50 Tong Sampah ke Pemkab Samosir

"Mudah-mudahan kegiatan hari ini bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar, serta ada gunanya untuk masyarakat," ucap Ahmad.

Dengan adanya gotong royong pembersihan lingkungan itu, diharapkan masyarakat dapat menjaga bersama kebersihan di lingkungan sekitar agar saat musim hujan tiba, banjir bisa direda. Ahmad pun mengimbau warga sekitar untuk tidak membuang sampah sembarang, terutama mengurangi perilaku membuang sampah ke saluran air yang berdampak buruk terhadap irigasi.

Halaman Selanjutnya
img_title