Pengendalian Harga Kebutuhan Pokok, Pemprov Sumut Siapkan Bansos BBM Rp800 Juta

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi memeriksa harga kebutuhan pokok.
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi memeriksa harga kebutuhan pokok.
Sumber :
  • Pemprov Sumut

VIVA Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara menyiapkan anggaran APBD Sumut 2023 sebesar Rp 800 juta, untuk melaksanakan program Bansos BBM, untuk 800 penerima manfaat atau kenderaan bermotor pengangkut sembako.

Hal itu, disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumut, Agustinus, kepada VIVA, Kamis 23 Maret 2023. Ia mengatakan Bansos BBM, dalam rangka menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok saat bulan Ramadan hingga jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, serta melakukan intervensi laju inflasi di Sumatera Utara.

"Kita memang memberikan bantuan ke konversi BBM. Hitungannya sekitar Rp 1 juta, jadi total budget kita siapkan sekitar Rp 800 jutaan. Jadi, sekitar 800 penerima manfaat," kata Agustinus.

Agustinus mengatakan untuk penerima manfaat Bansos BBM ini, pihak Dishub Sumut sudah melakukan pendataan, survei hingga verifikasi dimulai sejak akhir tahun 2022, lalu.

"Verifikasi yang sudah kita dapatkan datanya sekitar 213 penerimaan manfaat. Pengangkutan ini, sekaligus pemilik barang, ada juga pihak ketiga, terpisah dari pemilik barang, itu tetap dapat. Ini tahap satu, survei sejak akhir tahun lalu. Sudah kita dapat datanya, kita ajukan penetapan SK Gubernur Sumut, ini lagi proses di Kantor Gubernur Sumut," kata Agustinus.

Agustinus mengungkapkan Bansos BBM ini, merupakan kebijakan dan gagasan dari Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dalam mengendalikan inflasi di provinsi ini.

"Bansos BBM, salah satu langkah dari Pemprov Sumut dalam mengintervensi inflasi cendrung (naik), salah satunya peningkatan harga kebutuhan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri," ucap Agustinus.

Halaman Selanjutnya
img_title