Luncurkan Aplikasi ‘Literasi Permata’, Pj Gubernur Sumut : Pinjam Buku Tanpa Melihat Jarak

Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Agus Fatoni meluncurkan aplikasiLiterasi Permata’, yakni layanan terintegrasi perpustaan bersama guna mempermudah masyarakat meminjam buku. Kegiatan ini berlangsung di Aula Raja Inal Siregar, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Sumut, Selasa 3 September 2024.

Perenang Andalan Sumut, Felix Viktor Sukses Raih Medali Emas di PON 2024

"Hari ini juga launching jejaring perpustakaan sehingga semua orang bisa meminjam buku dari perpustakaan di Sumut. Peminjaman buku tanpa melihat jarak, jadi tidak alasan lagi buku tidak ada. Tinggal dicari melalui aplikasi literasi permata," ujar Fatoni.

Fatoni berharap melalui kehadiran aplikasi ‘Literasi Permata’ dapat memudahkan masyarakat dalam peminjaman buku, baik secara manual maupun online. Buku yang tersedia juga cukup banyak, yakni sekitar 190.000 buku.

Alasan PDIP Mengusung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut, Yasonna: Pengalamannya Mumpuni

"Jumlah buku ada sekitar 190.000 dan baru dipinjam sekitar 20%. Sistem aplikasi ini dibuat untuk mempermudah peminjaman buku tanpa mengenal jarak," ucap Fatoni yang hadir bersama Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Tyas Fatoni yang juga Bunda Literasi Sumut.

Fatoni mengatakan peminat buku secara manual saat ini masih terbilang banyak. Pada aplikasi ‘Literasi Permata’ juga menyediakan buku fisik dan digital

Atlet Andalan Sumut, Hardody Sihombing Sabet Emas di Nomor Lempar Cakram PON 2024

"Mari kita sosialisasikan peminjaman buku melalui aplikasi online. Ini memudahkan kita agar buku dekat dengan kita. Dengan demikian budaya literasi juga terwujud secara luas," kata Pj Gubernur Sumut.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Dwi Endah Purwanti mengatakan tujuan acara ini untuk mewujudkan sistem perpustakaan di Provinsi Sumut sehingga masyarakat dari manapun juga dapat menikmati layanan perpustakaan secara adil dan beradab.

Halaman Selanjutnya
img_title