Asri Ludin Tambunan: Jadikan Pesta Rakyat untuk Pererat Silaturahmi

Kadinkes Deliserdang, dr H Asri Ludin Tambunan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deliserdang, dr H Asri Ludin Tambunan (dr Aci) menghadiri pesta rakyat ‘Gendang Guro-Guro Aron’ di Desa Peria-ria, Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deliserdang, Sabtu 24 Agustus 2024.

Pengabdian Kepada Masyarakat, FKG USU Gelar Pemeriksaan dan Perawatan Gigi di Deliserdang

“Saya sangat senang dan mengapresiasi pesta hiburan rakyat kesenian Karo ‘Gendang Guro-Guro Aron’ ini. Apalagi suku Karo ini memiliki ikatan dengan marga Tambunan,” ucap dr Asri, dalam keterangannya, Selasa 27 Agustus 2024.

Ia berharap, pesta rakyat itu terus dilaksanakan secara berkesinambungan untuk mempererat silaturahmi dan hubungan kekeluargaan antar sesama warga Biru-biru, khususnya di Desa Peria-ria. Sekaligus bisa menjadi hiburan (healing) bagi warga sekitar.

Kadis Kesehatan Deliserdang: Olahraga Pondasi Kesehatan

Camat Biru-biru, Rahmat Hidayat mengatakan Gendang Guro-Guro Aron merupakan salah satu budaya Karo, pesta hiburan yang diadakan oleh para pemuda-pemudi Karo sebagai ajang silaturahmi antar dusun ataupun antar kampung. Pesta itu berisi pertunjukan seni budaya Karo.

“Pesta ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh pemuda-pemudi Karo di wilayah di tiap-tiap desa yang ada etnis Karonya. Antusias masyarakat pun sangat luar biasa, ada kurang lebih 1.000 orang yang hadir,” katanya.

Hasan Basri Sagala Dorong Penguatan UMKM yang Diinisiasi Masyarakat

Disebutkannya, pihaknya mengundang dr Aci ke pesta rakyat tersebut dikarenakan adanya kedekatan emosional antara ayah dr Aci yang juga mantan Bupati Deliserdang, almarhum Amri Tambunan dengan warga Biru-biru.

“Kesan masyarakat di Biru-biru ini sangat melekat dengan Almarhum. Makanya kami senang sekali atas kehadiran dr Aci disini. Harapannya, dr Aci dapat mengambil peran dalam pembangunan Deliserdang yang lebih baik ke depan. Khususnya di Kecamatan Biru-biru ini,” pungkasnya.