Sukseskan PON 2024 Aceh-Sumut, Ribuan Green Volunteer Diberi Bimbingan Teknis

Pembekalan bimtek green volunteer PON 2024 di bidang humas dan IT.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Ribuan green volunteer PON XXI 2024 Aceh-Sumut telah diberi pembekalan berupa bimbingan teknis yang diselenggarakan sejak 12-13 Agustus 2024. Pembekalan diberikan kepada laison officer (LO) dan work force (WF).

Pelari Sumut Nella Agustin Raih Emas 400 Meter Gawang Putri PON 2024

“Ada 4.500 green volunteer yang saat ini diberi pembekalan berupa bimbingan teknis. Salah satunya adalah di bidang humas dan IT,” ujar Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumut, Harvina Zuhra, di Universitas Nommensen Medan, Selasa kemarin, 13 Agustus 2024.

Untuk LO, kata Harvina sebagai pembicara, mereka bertugas sebagai jembatan penghubung berbagai pihak dan memastikan informasi yang mengalir. Sementara WF adalah berperan memastikan operasional pertandingan dan logistik berjalan tanpa ada hambatan.

Lari Trail Eksebisi di PON 2024, Sumut Bersaing dengan DKI dan Sulsel

Volunteer yang bertugas di bidang humas dan IT, nantinya akan ditempatkan pada media center PON 2024 di wilayah Sumut. Mereka, kata Harvina, sebagai garda terdepan dalam penyampaian informasi, media center memiliki peran yang sangat krusial dalam sebuah event besar.

“Media center berfungsi sebagai tempat untuk menyebarluaskan informasi terbaru kepada seluruh lapisan masyarakat melalui berbagai saluran komunikasi dengan cepat, tepat, akurat, mudan dan murah/ terjangkau. Kehadiran media center dalam sebuah event besar juga berperan penting dalam memerangi hoaks (informasi bohong), fake news (berita palsu), dan disinformasi serta krisis informasi,” terangnya.

Aflah Fadlan, Perenang Jabar Boyong Medali Emas Perdana di PON 2024

Harvina mengatakan, untuk green volunteer akan ditempatkan di Media Center Satelit yang terletak di Sport Center Pancing dan di Komplek Dispora Sumut Media Center (Mixed Zone) di setiap venue. Ada dua volunteer di setiap media center yang bertugas nantinya.

“Para volunteer di media center ini yang akan bertugas memberikan pelayanan kepada media di venue agar berjalan dengan baik,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title