Terkuak, Bukti Dukungan Bacabup Perseorangan Tapsel Diduga Dipalsukan

Pilkada Serentak 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Terkait dugaan pemalsuan tanda tangan dan keterangan dukungan terhadap pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) 2024, yakni DPP dan AB. Dimana, 20 dari 32 orang diduga membuat pengakuan tertulis dan rekaman video atas dugaan pemalsuan tersebut.

Bawaslu Dalami Laporan Dugaan Pemalsuan Data Dukungan Dilakukan Tim Bacakada di Tapsel

"Tolong nama dan tempat kami bertugas tidak disebutkan dalam pemberitaan. Karena beberapa teman kami sudah 'diculik' dan tak bisa dihubungi lagi," sebut seorang pria, yang enggan disebutkan namanya di dalam berita, kepada wartawan Selasa 2 Juli 2024.

Ia menjelaskan terduga pembuat pemalsuan tanda tangan dan keterangan dukungan itu sebanyak 20 orang. Terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Harian Lepas (THL) atau honorer. Namun baru 20 orang yang membuat pengakuan.

Diduga Langgar Aturan Verfak Syarat Dukungan Calon, Ini Kata KPU Tapsel

"Kami kerjakan di luar kota. Sekitar 23.000 tanda tangan dan pernyataan dukungan yang kami palsukan. Selain kami, ada 10 orang lagi yang khusus memasukkannya ke aplikasi SILON," kata para oknum PNS dan THL itu dalam pernyataannya.

Sementara beberapa Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dalam mengatakan, awalnya Kepala Dinas menugaskan mereka mengikuti kegiatan kedinasan di luar kota. Ternyata, dibawa ke tempat milik oknum pejabat tinggi Tapsel di kota diluar Tapsel. Di lokasi itu, mereka bertemu beberapa orang pegawai Sekretariat Daerah. Mereka diperintahkan memalsukan tanda tangan dan Surat Pernyataan dukungan bakal pasangan Balon Bupati dan Balon Wakil Bupati jalur perseorangan.

FGD di UM Tapsel, Hinca Panjaitan : Usia Pensiun Polri 60 Tahun Masuk Akal

"Dalam sehari, setiap orang diperintahkan memalsukan 100 tanda tangan dan bukti dukungan. Di sana ada pimpinan BUMD dan 'tangan kanan' pejabat tinggi Tapsel yang mengkoordinir kami," terang mereka.

Disebutkan, pada awalnya sebagian kecil sudah ada pernyataan dukungan yang dilampiri foto copy KTP masyarakat Tapsel ke Balon Bupati Tapsel yang akan maju dari perseorangan, yang konon khabarnya dari beberapa pengajian ibu-ibu. Sayangnya, dalam formulir pernyataan itu hanya tertulis nama Bakan Calon Bupati saja.

Halaman Selanjutnya
img_title