Restu Ibu Kepada Dolly Untuk Maju Pilkada Tapsel Karena Segudang Prestasi

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu bersama ibunda, Isna Irawaty Siregar.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S.Pt, MM, memantapkan diri untuk kembali maju sebagai Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), pada Pilkada Tapsel yang berlangsung November 2024 mendatang. Niat ini kian kokoh setelah mendapat doa dan restu dari Sang Ibu, Isna Irawaty Siregar.

FGD di UM Tapsel, Hinca Panjaitan : Usia Pensiun Polri 60 Tahun Masuk Akal

"Alhamdulillah, Ibunda sudah kasih restu agar saya kembali mengabdikan diri membangun Tapsel, melanjutkan program pro rakyat yang sudah digagas pada periode sebelumnya," ujar Dolly kepada awak media, Minggu 9 Juni 2024.

Putera sulung pasangan Panusunan Pasaribu dan Isna Irawaty Siregar ini meyakini, restu dari seorang Ibu adalah jembatan menuju keberhasilan.

Dirjen Bina Keuda Agus Fatoni Ditunjuk Jokowi Pj Gubernur Sumut, Hassanudin Jabat Pj Gubernur NTB

"Apalagi kata Ibunda, Ayah saya, Panusunan Pasaribu, sudah mewakafkan saya untuk Tapanuli Selatan. Itu artinya, Ayah saya telah mewasiatkan agar saya bermanfaat untuk masyarakat Tapanuli Selatan,” tutur suami Rosalina Siregar ini.

Tidak hanya itu, Sang Ibu juga berpesan agar Dolly tetap menjaga nama baik Sang Ayah dan Sang Nenek, Hasan Pinayungan Pasaribu. “Ini bukan tanggungjawab yang mudah. Jika tidak kuat iman, salah langkah, itu sama saja dengan melanggar wasiat leluhur,” tambah Dolly.

PDIP Sumut Kirim Berkas Bacagub ke DPP, Ada Nama Edy Rahmayadi Hingga Eks Bupati Taput

Pria kelahiran Medan, 29 Maret 1980 ini juga mengatakan, itu pula yang menjadi landasan dalam menjalankan roda pemerintahan Pemkab Tapsel secara ikhlas dan sepenuh hati. "Kerja harus ikhlas. Utamakan urusan orang banyak. Lurus jalani hidup. Pasrah kepada Allah. Yakin, kun fa yakun, Inshaallah niat sampai," ujar Dolly menirukan pesan Sang Ibu.

Dolly dilantik menjadi Bupati Tapsel oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pada 26 Februari 2021. Sebelumnya, Dolly merupakan anggota DPRD Tapsel tahun 2019 – 2020. Lahir dari keluarga terpelajar dan mewarisi bakat kepemimpinan dari Sang Ayah, Panusunan Pasaribu, yang sempat menjabat Bupati Tapsel periode 1995–2001.

Dolly mengenyam pendidikan dasar di SD Negeri Percobaan, Sei Petani, Medan dari 1986 hingga 1992, kemudian menamatkan pendidikan tingkat pertama di SMP Negeri 1 Pematangsiantar pada 1995 dan tercatat sebagai alumni SMA Negeri 1 Medan.

Pria supel ini selanjutnya menimba ilmu di Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) jurusan Peternakan dan menyandang gelar Sarjana Peternakan (S.Pt) pada 2005. Tidak puas sampai disitu, Dolly kemudian mengisi cakrawala wawasan pendidikan Strata S-2 di kampus yang sama, Pascasarjana USU dan sukses menyandang gelar Managister Managemen (M.M) pada 2012.

Sebelum menjabat Bupati Tapsel, Dolly telah malang-melintang di dunia kerja, diawali sebagai account officer di Bank Syariah Bukopin hingga 2008, bahkan sempat merasakan suka-duka di sejumlah perusahaan asuransi seperti AIA Financial dan Asuransi Jiwa Manulife hingga 2018.

Dolly juga tergolong sosok berbakat dalam menjalankan bisnis, termasuk membangun usaha kuliner, toko bunga hingga mendirikan Lembaga Kursus Bahasa Inggris. Itu pula yang menjadi bekal Dolly hingga didaulat menjadi Ketua Kompartemen Kerjasama Perbankan dan Investasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Medan pada 2010 – 2013.

Bagi Dolly, organisasi seperti rumah kedua. Wajar jika ayah tiga anak ini diamanahi tanggungjawab sebagai Ketua Bidang Pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Assosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Medan, periode 2015 – 2018.

Bahkan Dolly sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang UMKM di Pengusaha Muda Dunia atau Junior Chamber International (JCI) Cabang Medan dan menjabat sebagai anggota Dewan Pembina dan Majelis Pertimbangan Badang Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indinesia (BKPRMI) Kabupaten Tapanuli Selatan rentang waktu 2009 – 2011.

Kendati demikian, ibarat peribahasa, buah tak jauh jatuh dari pohonnya. Dolly akhirnya mengikuti jejak Sang Ayah dengan menceburkan diri ke dunia politik. Dolly kemudian mencalonkan diri sebagai anggota DPRD dari Partai Gerindra pada Pemilu Legislatif 2019 daerah pemilihan Tapanuli Selatan 4 meliputi Kecamatan Angkola Barat, Angkola Sangkunur dan Kecamatan Angkola Selatan.

Halaman Selanjutnya
img_title