Asian Agri Dorong Petani Sawit Naik Kelas Dengan TOPAZ

Head of Plant Breeding Asian Agri, Yopy Dedywiryanto paparkan keuntungan Topaz.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Perusahaan perkebunan kepala sawit ternama di Indonesia, Asian Agri, mendorong petani kelapa sawit naik kelas dengan menggunakan kecambah kelapa sawit TOPAZ. TOPAZ merupakan benih kelapa sawit yang dikembangkan Asian Agri Oil Palm Research Station (OPRS) di Indonesia.

Polda Sumut Ringkus 5 Pelaku Pencuri Sawit Milik PTPN IV, Dua Diantaranya Ditembak

Secara khusus, TOPAZ untuk meningkatkan produktivitas hasil panen, tumbuh subur di tanah marjinal, dan pertumbuhan vertikalnya yang tidak begitu cepat, sehingga dapat mempermudah proses pemanenan buah kelapa sawit.

"Benih unggul Topaz mampu memberikan dampak yang signifikan pada tingkat pengembalian investasi selama masa hidup pohon yang mencapai yang mencapai 25-30 tahun. Hasil produksi TBS Topaz dapat mencapai 24 ton/ha pada tahun pertama menghasilkan (TM1) dan rata-rata 38 ton/ha pada TM3 sampai TM6," ungkap Head of Plant Breeding Asian Agri, Yopy Dedywiryanto, dalam keterangannya yang diterima Senin 3 Juni 2024.

Kapolres Labusel Sapa Masyarakat dan Dengarkan 'Curhat' Warga Kampung Jawa

Saat ini Asian Agri telah berhasil merilis 5 Varietas Topaz diantaranya Topaz 1, Topaz 2, Topaz 3, Topaz 4 dan Topaz GT berdasarkan uji multilokasi persilangan di 2 provinsi dan 3 jenis tanah yang berbeda.

Berdasarkan pengujian dilapangan, bibit unggul Topaz sudah bisa dipanen pada umur 30 bulan setelah tanam dengan rata-rata berat TBS 5-6kg. Selain dimanfaatkan perusahaan, Asian Agri menerapkan penggunaan Topaz pada petani-petani sawit mandiri yang menjadi binaan Asian Agri.

Kerugian Capai Rp 100 Miliar, Polda Sumut Ringkus Kompolotan Pencuri Sawit PTPN IV

"Dengan harapan petani-petani sawit kita naik kelas dengan menggunakan Topaz," sebutnya.

Sebelumnya, dalam acara IPOS Forum yang berlangsung di Medan, Jumat, 31 Mei 2024, Head of Plant Breeding Asian Agri, Yopy Dedywiryanto memberikan penjelasan bahwa Topaz merupakan bibit sawit unggul yang sudah teruji dan terbukti dapat meningkatkan produktivitas Tandan Buah Segar (TBS) dan juga tahan terhadap penyakit Ganoderma.

Halaman Selanjutnya
img_title