Terungkap Aksi Demo, Gaji Kernet Truk Sampah di Binjai di Bawah UMK

Puluhan kernet truk sampah Kota Binjai tuntut kenaikan upah.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Puluhan orang yang mengaku sebagai kernet truk sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, melakukan aksi unjuk rasa di depan balai kota, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Binjai Kota, Selasa 9 Januari 2024.

Dituding Jadi Perusak Lingkungan, Masyarakat Adat Demo DPRD Sumut Tuntut PT TPL Ditutup

Dalam aksi damai terungkap, gaji kernet truk sampah di Kota Binjai di bawah upah minimum kota. Diketahui, UMK Binjai tahun 2024 sebesar Rp2.887.667. Aksi unjuk rasa berlangaung damai. Petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja turut mengawalnya jalan aksi tersebut.

Rizal, perwakilan dari massa menyebut, kedatangan mereka ke Pemko Binjai untuk meminta kenaikan gaji yang sudah bertahun tidak pernah naik.

Lions Club Medan Tridharma Serahkan Bantuan 50 Tong Sampah ke Pemkab Samosir

"Sudah bertahun gaji kami tidak mengalami kenaikan. Untuk itu kami meminta kepada Pemko Binjai agar menaikkan gaji kami," ungkap Rizal.

Disoal besaran gaji yang diterima, ujarnya, adalah sebesar Rp1.100.000 setiap bulannya. Tidak hanya menuntut kenaikan gaji, para pengunjuk rasa juga meminta alat kelengkapan kerja diganti.

Yayasan Mahija Parahita Nusantara dan Frestea Salurkan Bantuan Kepada Pahlawan Daur Ulang di Medan

"Sebab, peralatan yang ada sudah tidak layak lagi," ucap para pendemo.

Usai menyuarakan aksinya, para pengunjuk rasa akhirnya diterima pejabat Pemko. Salah satunya Kadis LH Binjai, Amas Mansyur Siregar. Ia menyebut, tuntutan para pendemo juga sudah diakomodir oleh Pemko Binjai. Ia mengakui, gaji kernet truk sampah senilai Rp1.100.000. Setelah adanya demo, ia menyebut, sudah mengalami kenaikan.

Halaman Selanjutnya
img_title