Mahasiswa Polbangtan Kementan Tanam 80 Ribu Bibit Kopi di Tapanuli Selatan

Mahasiswa Polbangtan Kementan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Mahasiswa dan mahasiswi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan, jurusan Perkebunan prodi Penyuluhan perkebunan Presisi melaksanakan On teh job Training (OJT) di lahan perkebunan kopi, yang dikelola oleh Pesantren Darul Mursyid, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Perkuat Daya Saing Perkebunan, Ini 4 Strategi Jitu Disiapkan Pemprov Sumut

Kegiatan magang Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tersebut, dilakukan mulai September 2023 hingga Februari 2024. Hal ini, sejalan dengan harapan Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman bahwa tongkat estafet pertanian harus segera diberikan kepada generasi milenial. Sebab merekalah yang akan meneruskan sektor pertanian yang akan semakin mandiri, maju dan modern.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan generasi milenial yang didorong untuk mengambil peran khususnya di sektor pertanian.

PT Rapala Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim-Piatu

"Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul selaku job seeker serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin selaku job creator," kata Dedi, dalam keterangannya, Rabu 27 Desember 2023.

Pada kesempatan magang tersebut, 8 mahasiswa Polbangtan Medan akan melaksanakan praktik dan materi meliputi budidaya kopi arabica, mulai dari penanaman, masa panen dan pasca panen.

Gerakan ABC Dapur MasteRasa Bagikan 12.000 Paket Kebaikan Ramadan di Medan

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini mengatakan kegiatan MBKM Polbangtan Medan merupakan kesempatan yang sangat baik bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh selama belajar di kampus.

"Selama program MBKM, mahasiswa dapat belajar banyak hal, memperkua jaringan dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja nantinya," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title